Update Terbaru :
Terbaru !!
Loading...
August 5, 2013

Info Post

Merasa diberkati dengan tulisan di blog ini ? Di like yaa. Jesus Bless


Bacaan: Keluaran 37:1-9
Renungan Kristen
Allah bertakhta di atas kerubim
Tabut perjanjian merupakan benda paling penting di bait Allah dan satu-satunya benda yang ada dalam ruang maha kudus. Ruang maha kudus merupakan replika dari ruang takhta Allah di surga. Tidak mengherankan jika tabut itu dilapisi emas murni (2) dari dalam dan luar, dan juga dibuat bingkai emas di sekelilingnya. Bahkan gelang untuk memasukkan kayu pengusung terbuat dari emas dan kayu pengusung juga disalut emas (3-4). Pentingnya kayu pengusung adalah supaya orang yang mengangkat tabut tidak menyentuh tabut, karena orang yang menyentuhnya akan mati.

Di atas tabut perjanjian diletakkan tutup pendamaian yang juga terbuat dari emas murni dengan dua kerub dari emas pada kedua ujung tutup pendamaian. Kerub-kerub itu mengembangkan kedua sayapnya ke atas, menudungi tutup pendamaian dan kedua kerub saling berhadapan dengan kepala menunduk menghadap tutup pendamaian.

Apakah tabut perjanjian? Tabut perjanjian adalah tumpuan kaki Allah. Daud berkata, "Aku bermaksud hendak mendirikan rumah perhentian untuk tabut perjanjian Tuhan, yaitu (LAI memakai kata "dan", tetapi lebih tepat diterjemahkan sebagai "yaitu") untuk tumpuan kaki Allah kita." (1Taw. 28:2) Pernyataan Daud menunjukkan bahwa tabut perjanjian adalah tumpuan kaki Allah. Lalu apa yang dilakukan oleh dua kerub diatasnya? Kedua kerub menopang takhta Allah yang tidak kelihatan. Ini sejalan dengan ayat yang melihat bahwa "Allah bertakhta di atas kerubim: "Ya Engkau, yang duduk di atas para kerub, tampillah bersinar." (Mzm. 80:2); "Kemudian bersiaplah Daud . . . , untuk mengangkut dari sana tabut Allah, yang disebut dengan nama Tuhan semesta alam yang bertakhta di atas kerubim" (2Sam. 6:2). Kerubim adalah kerub dalam bentuk jamak. Dengan demikian Allah berkenan bertakhta di bait-Nya dan diam beserta umat-Nya melalui tabut perjanjian itu.

Salah satu keunikan Allah kita dibandingkan dengan allah-allah lain adalah bahwa Ia mau berdiam menyertai umat-Nya. Puncaknya dapat kita lihat dari Allah Putera yang berinkarnasi menjadi manusia. Ia adalah Imanuel, Allah yang beserta kita.


Ayat Alkitab: Keluaran 37:1-9

37:1 Bezaleel membuat tabut itu dari kayu penaga, dua setengah hasta panjangnya, satu setengah hasta lebarnya, dan satu setengah hasta tingginya.
37:2 Disalutnyalah itu dengan emas murni, dari dalam dan dari luar, dan dibuatnyalah bingkai emas sekelilingnya.
37:3 Dituangnyalah empat gelang emas untuk tabut itu, pada keempat penjurunya, yaitu dua gelang pada rusuknya yang satu dan dua gelang pada rusuknya yang kedua.
37:4 Dibuatnyalah kayu pengusung dari kayu penaga dan disalutnyalah itu dengan emas.
37:5 Dan dimasukkannyalah kayu pengusung itu ke dalam gelang yang pada rusuk tabut itu, supaya tabut dapat diangkut.
37:6 Dibuatnyalah tutup pendamaian dari emas murni, dua setengah hasta panjangnya dan satu setengah hasta lebarnya.
37:7 Dibuatnyalah dua kerub dari emas, dari emas tempaan dibuatnya itu, pada kedua ujung tutup pendamaian itu,
37:8 satu kerub pada ujung sebelah sini dan satu kerub pada ujung sebelah sana; seiras dengan tutup pendamaian itu dibuatnya kerub itu pada kedua ujungnya.
37:9 Kerub-kerub itu mengembangkan kedua sayapnya ke atas, sayap-sayapnya menudungi tutup pendamaian itu dan mukanya menghadap kepada masing-masing; kepada tutup pendamaian itulah menghadap muka kerub-kerub itu.

___________________________________________________________________________

Semoga melalui posting"Allah bertakhta di atas kerubim (Keluaran 37:1-9)" saudara bisa diberkati

___________________________________________________________________________

Like, +1, dan Komentar akan membantu kami untuk memberikan yang terbaik untuk saudara.

Red heart Angel TUHAN YESUS MEMBERKATI Angel Red heart
Comments