Renungan Kristen - Khotbah Kristen - Download Lagu Rohani
Terbaru !!
Loading...
Thursday, 8 August 2013

Info Post
Bacaan: Keluaran 38:1-20
Renungan Kristen
Allah yang berjumpa dengan umat-Nya
Kemah Suci yang terdiri dari ruang kudus dan ruang maha kudus melambangkan surga, karenanya ada kerubim di atas tutup pendamaian. Juga ada gambar kerubim pada tirai yang memisahkan ruang kudus dan ruang maha kudus. Karena itu pula mengapa semua benda yang ada di Kemah Suci dilapisi emas atau dibuat dari emas murni. Berbeda dengan Kemah Suci, pelataran melambangkan bumi dan karenanya benda-benda di situ dibuat dari tembaga (2-3).

Hanya imam yang boleh masuk ke ruang kudus dan hanya imam besar yang boleh masuk ke ruang maha kudus pada Hari Raya Pendamaian.

Jemaat hanya dapat datang sampai di mezbah kurban bakaran yang ada di pelataran. Di situlah umat dapat berjumpa Allah. Jemaat datang membawa kurban persembahan dan meletakkan tangannya ke atas kepala hewan (bdk. Im. 1:4). Ini menunjukkan identifikasinya dengan hewan yang akan mati menggantikan dia. Hewan itu disembelih dan dipotong-potong. Lalu imam keturunan Harun meletakkan potongan-potongan daging itu di atas mezbah kurban bakaran. Ketika kurban persembahan dibakar, asapnya akan merupakan bau wangi-wangian yang menyenangkan hati Tuhan. Melalui kurban persembahan itu jemaat dapat memperoleh pengampunan dosa dan persekutuan dengan Allah. Tentu bukan darah hewan itu yang berkuasa menghapus dosa (Ibr. 10:4), karenanya umat mendapat pengampunan dosa bukan semata-mata karena mempersembahkan hewan. Persembahan tersebut merupakan bayang-bayang dari persembahan sempurna, yang adalah Kristus sendiri. Maka umat yang membawa kurban persembahan yang dibakar di atas mezbah mendapat pengampunan karena kurban sempurna yang akan dipersembahkan nantinya.

Kurban yang dipersembahkan di atas mezbah kurban bakaran merupakan peringatan bahwa kita tidak dapat berjumpa dengan Allah yang kudus bila dosa kita tidak diampuni. Dan hanya ada satu cara untuk itu, yaitu memohon pengampunan dari Kristus, yang telah mempersembahkan diri-Nya sebagai kurban sempurna bagi pengampunan dosa kita.


Ayat Alkitab: Keluaran 38:1-20

38:1 Dibuatnyalah mezbah korban bakaran itu dari kayu penaga, lima hasta panjangnya dan lima hasta lebarnya, empat persegi, tetapi tiga hasta tingginya.
38:2 Dibuatnyalah tanduk-tanduknya pada keempat sudutnya; tanduk-tanduknya itu dibuat seiras dengan mezbah itu dan disalutnya dengan tembaga.
38:3 Dibuatnyalah segala perkakas mezbah itu, yakni kuali-kuali, sodok-sodok, bokor-bokor penyiraman, garpu-garpu dan perbaraan-perbaraan, semua perkakasnya itu dibuatnya dari tembaga.
38:4 Dibuatnyalah untuk mezbah itu kisi-kisi, yakni jala-jala tembaga, di bawah jalur, mulai dari sebelah bawah sampai setengah tingginya.
38:5 Dituangnyalah empat gelang pada keempat ujung kisi-kisi tembaga itu, yakni tempat memasukkan kayu pengusung.
38:6 Dibuatnyalah kayu-kayu pengusung itu dari kayu penaga dan disalutnya dengan tembaga.
38:7 Dan dimasukkannyalah kayu-kayu pengusung itu ke dalam gelang-gelang yang pada rusuk mezbah itu, supaya dengan itu mezbah dapat diangkut. Mezbah itu dibuatnya berongga dan dari papan.
38:8 Dibuatnyalah bejana pembasuhan dan juga alasnya dari tembaga, dari cermin-cermin para pelayan perempuan yang melayani di depan pintu Kemah Pertemuan.
38:9 Dibuatnyalah pelataran itu; pada sebelah selatan: layar pelataran itu dari lenan halus yang dipintal benangnya, seratus hasta panjangnya;
38:10 kedua puluh tiang layar itu dengan kedua puluh alas tiang itu dari tembaga, tetapi kaitan-kaitan tiang itu dan penyambung-penyambungnya dari perak.
38:11 Pada sebelah utara: seratus hasta; kedua puluh tiang layar itu dengan kedua puluh alas tiang itu dari tembaga, tetapi kaitan-kaitan tiang itu dan penyambung-penyambungnya dari perak.
38:12 Pada sebelah barat: layar lima puluh hasta; dengan sepuluh tiangnya dan sepuluh alas tiang itu, dan kaitan-kaitan tiang itu serta penyambung-penyambungnya dari perak.
38:13 Dan pada sebelah timur: lima puluh hasta,
38:14 yakni layar lima belas hasta untuk sisi yang satu di samping pintu gerbang itu, dengan tiga tiangnya dan tiga alas tiang itu;
38:15 dan juga untuk sisi yang kedua di samping pintu gerbang itu--sebelah-menyebelah pintu gerbang pelataran itu ada layar--lima belas hasta, dengan tiga tiangnya dan tiga alas tiang itu.
38:16 Segala layar yang mengelilingi pelataran, adalah dari lenan halus yang dipintal benangnya.
38:17 Alas-alas untuk tiang-tiang itu adalah dari tembaga, tetapi kaitan-kaitan tiang itu dan penyambung-penyambungnya dari perak, juga salut kepalanya dari perak. Dihubungkanlah dengan penyambung-penyambung dari perak segala tiang-tiang pelataran itu.
38:18 Tirai pintu gerbang pelataran itu tenunan yang berwarna-warna dari kain ungu tua, kain ungu muda, kain kirmizi dan dari lenan halus yang dipintal benangnya; dua puluh hasta panjangnya, tetapi tingginya--yang juga lebar kain itu--adalah lima hasta, sama dengan tinggi layar pelataran itu.
38:19 Keempat tiangnya dan keempat alas tiang itu dari tembaga; tetapi kaitan-kaitannya dari perak, dan juga salut kepalanya, serta penyambung-penyambungnya dari perak.
38:20 Segala patok untuk Kemah Suci dan untuk pelataran itu, sekelilingnya, adalah dari tembaga.
Red heart Angel TUHAN YESUS MEMBERKATI Angel Red heart

Semoga melalui posting"Allah yang berjumpa dengan umat-Nya (Keluaran 38:1-20)" saudara bisa diberkati

Like, +1, dan Komentar akan membantu kami untuk memberikan yang terbaik untuk saudara.

Comments