Renungan Kristen - Khotbah Kristen - Download Lagu Rohani
Terbaru !!
Loading...
Monday, 5 August 2013

Info Post

Bacaan: Keluaran 35:1-29


Renungan Kristen -Berikan yang terbaik
Melakukan yang terbaik untuk mendapatkan yang terbaik merupakan prinsip yang umum. Namun, ada saja orang yang melakukan sesuatu sekadarnya, tetapi ingin mendapatkan yang terbaik. Celakanya, dalam kerohanian pun tidak sedikit orang yang bertindak demikian, bahkan ketika harus memberikan persembahan kepada Tuhan.

Tuhan sangat memahami kecenderungan hati manusia. Maka Ia memerintahkan Musa untuk mengajar bangsa Israel tentang persembahan khusus. Sebenarnya perintah ini merupakan pengulangan dari pasal 25, sesuatu yang belum sempat disampaikan Musa kepada bangsa Israel karena kemarahannya atas tindakan mereka membuat anak lembu emas untuk disembah. Persembahan khusus ini tujuannya untuk mendirikan Kemah Suci dan mengadakan kebaktian di dalamnya. Mungkin saat itu tidak terpikirkan oleh bangsa Israel bahwa mereka akan memiliki tempat khusus untuk beribadah. Bagian ini juga merupakan pengajaran ulang bagi Musa sendiri sebagai pemimpin bangsa Israel untuk memikirkan pentingnya keberadaan Kemah Suci, walaupun mereka masih mengembara.

Persembahan khusus ini menegaskan agar umat senantiasa memberikan yang terbaik bagi Tuhan. Bukan hanya memberikan harta agar mendapat ganti lebih seperti apa yang sering dipahami secara dangkal atas Matius 19:29. Namun memberi yang terbaik termasuk keahlian masing-masing, karena hal itu merupakan ungkapan syukur atas apa yang telah Tuhan berikan dalam kehidupan ini. Memberi yang terbaik karena sebenarnya semua manusia dan apa yang dimilikinya adalah milik Tuhan. Memberi yang terbaik karena Tuhan sudah terlebih dahulu memberikannya.

Berapa banyak kita sudah berbagian dalam persembahan pelayanan? Sudahkah kita memberikan yang terbaik? Marilah kita belajar untuk tidak hitung-hitungan dengan Tuhan dan berusaha mempersembahkan yang terbaik, yang mampu kita berikan untuk pekerjaan pelayanan demi kemuliaan nama Tuhan!


Ayat Alkitab: Keluaran 35:1-2


35:1 Lalu Musa menyuruh berkumpul segenap jemaah Israel dan berkata kepada mereka: "Inilah firman yang diperintahkan TUHAN untuk dilakukan.
35:2 Enam hari lamanya boleh dilakukan pekerjaan, tetapi pada hari yang ketujuh haruslah ada perhentian kudus bagimu, yakni sabat, hari perhentian penuh bagi TUHAN; setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari itu, haruslah dihukum mati.
35:3 Janganlah kamu memasang api di manapun dalam tempat kediamanmu pada hari Sabat. "
35:4 Berkatalah Musa kepada segenap jemaah Israel: "Inilah firman yang diperintahkan TUHAN, bunyinya:
35:5 Ambillah bagi TUHAN persembahan khusus dari barang kepunyaanmu; setiap orang yang terdorong hatinya harus membawanya sebagai persembahan khusus kepada TUHAN: emas, perak, tembaga,
35:6 kain ungu tua, kain ungu muda, kain kirmizi, lenan halus, bulu kambing;
35:7 kulit domba jantan yang diwarnai merah, kulit-kulit lumba-lumba, kayu penaga,
35:8 minyak untuk penerangan, rempah-rempah untuk minyak urapan dan untuk ukupan dari wangi-wangian,
35:9 permata krisopras dan permata tatahan untuk baju efod dan untuk tutup dada.
35:10 Segala orang yang ahli di antara kamu haruslah datang untuk membuat segala yang diperintahkan TUHAN,
35:11 yakni Kemah Suci, atap kemahnya dan tudungnya, kaitannya, dan papannya, kayu lintangnya, tiangnya dan alasnya;
35:12 tabut dengan kayu pengusungnya, tutup pendamaian dan tabir penudung;
35:13 meja dengan kayu pengusungnya, segala perkakasnya dan roti sajian;
35:14 kandil untuk penerangan dengan perkakasnya, lampunya dan minyak untuk penerangan;
35:15 mezbah pembakaran ukupan dengan kayu pengusungnya, minyak urapan dan ukupan dari wangi-wangian; tirai pintu untuk pintu Kemah Suci;
35:16 mezbah korban bakaran dengan kisi-kisi tembaganya, kayu pengusungnya dan segala perkakasnya, bejana pembasuhan dengan alasnya;
35:17 layar pelataran, tiangnya, alasnya dan tirai pintu gerbang pelataran itu;
35:18 patok Kemah Suci dan patok pelataran dan talinya;
35:19 pakaian jabatan untuk menyelenggarakan kebaktian di tempat kudus, dan pakaian kudus bagi imam Harun, dan pakaian anak-anaknya untuk memegang jabatan imam."
35:20 Lalu pergilah segenap jemaah Israel dari depan Musa.
35:21 Sesudah itu datanglah setiap orang yang tergerak hatinya, setiap orang yang terdorong jiwanya, membawa persembahan khusus kepada TUHAN untuk pekerjaan melengkapi Kemah Pertemuan dan untuk segala ibadah di dalamnya dan untuk pakaian kudus itu.
35:22 Maka datanglah mereka, baik laki-laki maupun perempuan, setiap orang yang terdorong hatinya, dengan membawa anting-anting hidung, anting-anting telinga, cincin meterai dan kerongsang, segala macam barang emas; demikian juga setiap orang yang mempersembahkan persembahan unjukan dari emas bagi TUHAN.
35:23 Juga setiap orang yang mempunyai kain ungu tua, kain ungu muda, kain kirmizi, lenan halus, bulu kambing, kulit domba jantan yang diwarnai merah dan kulit lumba-lumba, datang membawanya.
35:24 Setiap orang yang hendak mempersembahkan persembahan khusus dari perak atau tembaga, membawa persembahan khusus yang kepada TUHAN itu, dan setiap orang yang mempunyai kayu penaga membawanya juga untuk segala pekerjaan mendirikan itu.
35:25 Setiap perempuan yang ahli, memintal dengan tangannya sendiri dan membawa yang dipintalnya itu, yakni kain ungu tua, kain ungu muda, kain kirmizi dan lenan halus.
35:26 Semua perempuan yang tergerak hatinya oleh karena ia berkeahlian, memintal bulu kambing.
35:27 Pemimpin-pemimpin membawa permata krisopras dan permata tatahan untuk baju efod dan untuk tutup dada,
35:28 rempah-rempah dan minyak untuk penerangan, untuk minyak urapan dan untuk ukupan dari wangi-wangian.
35:29 Semua laki-laki dan perempuan, yang terdorong hatinya akan membawa sesuatu untuk segala pekerjaan yang diperintahkan TUHAN dengan perantaraan Musa untuk dilakukan--mereka itu, yakni orang Israel, membawanya sebagai pemberian sukarela bagi TUHAN.
Red heart Angel TUHAN YESUS MEMBERKATI Angel Red heart

Semoga melalui posting"Berikan Yang Terbaik (Keluaran 35 :1-29)" saudara bisa diberkati

Like, +1, dan Komentar akan membantu kami untuk memberikan yang terbaik untuk saudara.

Comments