Renungan Kristen - Khotbah Kristen - Download Lagu Rohani
Terbaru !!
Loading...
Sunday, 11 August 2013

Info Post

Bacaan: Mazmur 110
Renungan Kristen
Doa untuk raja-imam
Kalau Tuhan memilih seseorang untuk menjadi pelayan-Nya, pasti orang tersebut diperlengkapi dengan otoritas, kuasa, dan talenta yang dibutuhkan. Apalagi kalau perannya sangat penting.

Pada masa PL, Musa adalah pelayan Allah yang diperlengkapi secara luar biasa dengan mukjizat-mukjizat yang dapat mematahkan kepercayaan pada allah-allah palsu. Sebagai nabi, Allah memperlengkapi dia dengan firman-Nya secara langsung. Dia menerima Taurat Tuhan untuk diajarkan kepada umat Tuhan dan dijadikan kitab hukum yang mengatur bangsa Israel. Dalam sejarah PL, Samuel adalah pelayan Allah yang diberi tiga jabatan sekaligus: imam, hakim, dan nabi. Tugas Samuel sangat penting pada masanya, yaitu memastikan kerajaan Israel dipimpin oleh orang yang diurapi Tuhan dan yang setia!

Mazmur yang berisikan doa untuk raja-imam ini memang sulit untuk diaplikasikan bagi pribadi tertentu di PL. PB jelas memahami Mazmur ini sebagai mazmur mesianik, mazmur yang menjelaskan Sang Mesias.

Apa yang bisa kita pelajari dari mazmur ini? Jabatan pelayan Allah, baik raja maupun imam adalah anugerah Allah (4), yang datang dengan penyertaan dan kuasa sehingga jabatan itu menjadi produktif. Sebagai raja, Tuhan membuat dia berhasil mengalahkan musuh-musuh bangsa (1). Sebagai imam, ia membawa jarahan musuh-musuh yang dia tundukkan sebagai kurban persembahan kepada Tuhan.

Yesus adalah Mesias dengan jabatan raja-imam-nabi. Bedanya dengan jabatan pada masa PL, Yesus menjadi imam yang mengurbankan diri-Nya untuk dipersembahkan kepada Allah demi mendamaikan bangsa-bangsa musuh kepada Allah. Dia memerintah sebagai raja damai! Dialah Sang Firman, nabi dalam arti sepenuhnya. Mari menyembah Dia karena karya-Nya membuat kita yang percaya beroleh kepastian keselamatan dan pengharapan.


Ayat Alkitab: Mazmur 110:1-7

110:1 Mazmur Daud. Demikianlah firman TUHAN kepada tuanku : "Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu. "
110:2 Tongkat kekuatanmu akan diulurkan TUHAN dari Sion: memerintahlah di antara musuhmu!
110:3 Pada hari tentaramu bangsamu merelakan diri untuk maju dengan berhiaskan kekudusan; dari kandungan fajar tampil bagimu keremajaanmu seperti embun.
110:4 TUHAN telah bersumpah, dan Ia tidak akan menyesal: "Engkau adalah imam untuk selama-lamanya , menurut Melkisedek. "
110:5 TUHAN ada di sebelah kananmu; Ia meremukkan raja-raja pada hari murka-Nya,
110:6 Ia menghukum bangsa-bangsa , sehingga mayat-mayat bergelimpangan; Ia meremukkan orang-orang yang menjadi kepala di negeri luas.
110:7 Dari sungai di tepi jalan ia minum, oleh sebab itu ia mengangkat kepala.
Red heart Angel TUHAN YESUS MEMBERKATI Angel Red heart

Semoga melalui posting"Doa untuk raja-imam (Mazmur 110)" saudara bisa diberkati

Like, +1, dan Komentar akan membantu kami untuk memberikan yang terbaik untuk saudara.

Comments