Renungan Kristen - Khotbah Kristen - Download Lagu Rohani
Terbaru !!
Loading...
Saturday, 17 August 2013

Info Post

Jangan pernah berpaling
Bacaan: Hakim-hakim 2:6-23
Renungan Kristen
Generasi anak-anak bangsa Israel setelah angkatan Yosua berlalu tidak lagi mengenal Allah sebagaimana yang seharusnya (10). Ini menjadi pelajaran tentang pentingnya mengajarkan iman kita kepada anak cucu kita, agar mereka pun belajar untuk percaya kepada Allah. Di sisi lain, kegagalan satu generasi untuk mengenal Allah yang sejati, tetap menjadi tanggung jawab generasi itu sendiri. Mereka harus menanggung konsekuensi atas segala dosa yang mereka lakukan (14).

Nas hari ini memberikan gambaran singkat mengenai kitab Hakim-hakim secara keseluruhan. Bangsa Israel berdosa dengan meninggalkan Tuhan dan beribadah kepada Baal (11-12). Dosa itu membawa mereka pada penghukuman Allah. Di mata Allah perbuatan itu menyakiti hati-Nya (12). Allah menilai bangsa ini sebagai bangsa yang melanggar perjanjian dan tidak mendengar perkataan Tuhan (20).

Kemarahan Allah yang dilukiskan dalam bagian ini adalah kemurkaan yang suci, bukan nafsu angkara murka yang dilampiaskan dengan penuh kebencian, melainkan kemarahan yang lahir dari hati Allah yang penuh kasih pada umat-Nya yang berdosa. Maka Allah menghukum mereka dengan menyerahkan mereka pada perampok (14), melawan mereka (15), mendatangkan malapetaka (15), serta berhenti menghalau bangsa-bangsa yang menyerang Israel.

Kerinduan-Nya adalah agar bangsa itu "hidup menurut jalan yang ditunjukkan oleh TUHAN" (22). Dan Allah akan melakukan apa pun yang dianggap-Nya perlu untuk membuat umat-Nya hidup menurut jalan-Nya. Maka sekalipun Allah murka, Ia tidak berniat menghabisi bangsa Israel secara keseluruhan. Dari waktu ke waktu Allah menolong bangsa itu melalui tangan para hakim yang Dia utus.

Bagian ini mengajar kita tentang Allah yang penuh kasih, yang tidak menginginkan kita berpaling dari-Nya. Jika kita berpaling maka Allah yang penuh kasih ini tidak akan segan-segan membawa kita pada berbagai kesulitan agar kita segera berlari kembali kepada-Nya. Sebab itu, jangan pernah berpaling dari Tuhan, sebab hanya di dalam Dia ada kebenaran, jalan, dan hidup.


Ayat Alkitab: Hakim-hakim 2:6-23
2:6 Setelah Yosua melepas bangsa itu pergi, maka pergilah orang Israel itu, masing-masing ke milik pusakanya, untuk memiliki negeri itu.
2:7 Dan bangsa itu beribadah kepada TUHAN sepanjang zaman Yosua dan sepanjang zaman para tua-tua yang hidup lebih lama dari pada Yosua, dan yang telah melihat segenap perbuatan yang besar, yang dilakukan TUHAN bagi orang Israel.
2:8 Dan Yosua bin Nun, hamba TUHAN itu, mati pada umur seratus sepuluh tahun;
2:9 ia dikuburkan di daerah milik pusakanya di Timnat-Heres, di pegunungan Efraim, di sebelah utara gunung Gaas.
2:10 Setelah seluruh angkatan itu dikumpulkan kepada nenek moyangnya, bangkitlah sesudah mereka itu angkatan yang lain , yang tidak mengenal TUHAN ataupun perbuatan yang dilakukan-Nya bagi orang Israel.
2:11 Lalu orang Israel melakukan apa yang jahat di mata TUHAN dan mereka beribadah kepada para Baal.
2:12 Mereka meninggalkan TUHAN, Allah nenek moyang mereka yang telah membawa mereka keluar dari tanah Mesir, lalu mengikuti allah lain, dari antara allah bangsa-bangsa di sekeliling mereka, dan sujud menyembah kepadanya, sehingga mereka menyakiti hati TUHAN.
2:13 Demikianlah mereka meninggalkan TUHAN dan beribadah kepada Baal dan para Asytoret .
2:14 Maka bangkitlah murka TUHAN terhadap orang Israel. Ia menyerahkan mereka ke dalam tangan perampok dan menjual mereka kepada musuh di sekeliling mereka, sehingga mereka tidak sanggup lagi menghadapi musuh mereka.
2:15 Setiap kali mereka maju, tangan TUHAN melawan mereka dan mendatangkan malapetaka kepada mereka, sesuai dengan apa yang telah diperingatkan kepada mereka oleh TUHAN dengan sumpah, sehingga mereka sangat terdesak.
2:16 Maka TUHAN membangkitkan hakim-hakim , yang menyelamatkan mereka dari tangan perampok itu.
2:17 Tetapi juga para hakim itu tidak mereka hiraukan, karena mereka berzinah dengan mengikuti allah lain dan sujud menyembah kepadanya. Mereka segera menyimpang dari jalan yang ditempuh oleh nenek moyangnya yang mendengarkan perintah TUHAN; mereka melakukan yang tidak patut.
2:18 Setiap kali apabila TUHAN membangkitkan seorang hakim bagi mereka, maka TUHAN menyertai hakim itu dan menyelamatkan mereka dari tangan musuh mereka selama hakim itu hidup; sebab TUHAN berbelas kasihan mendengar rintihan mereka karena orang-orang yang mendesak dan menindas mereka.
2:19 Tetapi apabila hakim itu mati, kembalilah mereka berlaku jahat, lebih jahat dari nenek moyang mereka , dengan mengikuti allah lain, beribadah kepadanya dan sujud menyembah kepadanya; dalam hal apapun mereka tidak berhenti dengan perbuatan dan kelakuan mereka yang tegar itu.
2:20 Apabila murka TUHAN bangkit terhadap orang Israel, berfirmanlah Ia: "Karena bangsa ini melanggar perjanjian yang telah Kuperintahkan kepada nenek moyang mereka, dan tidak mendengarkan firman-Ku,
2:21 maka Akupun tidak mau menghalau lagi dari depan mereka satupun dari bangsa-bangsa yang ditinggalkan Yosua pada waktu matinya,
2:22 supaya dengan perantaraan bangsa-bangsa itu Aku mencobai orang Israel, apakah mereka tetap hidup menurut jalan yang ditunjukkan TUHAN, seperti yang dilakukan oleh nenek moyang mereka, atau tidak."
2:23 Demikianlah TUHAN membiarkan bangsa-bangsa itu tinggal dengan tidak segera menghalau mereka; mereka tidak diserahkan-Nya ke dalam tangan Yosua.
Red heart Angel TUHAN YESUS MEMBERKATI Angel Red heart

Semoga melalui posting"Jangan pernah berpaling (Hakim-hakim 2:6-23 )" saudara bisa diberkati

Like, +1, dan Komentar akan membantu kami untuk memberikan yang terbaik untuk saudara.

Comments