Renungan Kristen - Khotbah Kristen - Download Lagu Rohani
Terbaru !!
Loading...
Monday, 12 August 2013

Info Post
Bacaan: Keluaran 39:32-43
Renungan Kristen
Ketelitian dalam pekerjaan Allah
Allah kita adalah Allah yang teliti dan selalu melakukan sesuatu dengan sangat baik. Ketika kita meneliti bahasa yang dipakai dalam nas hari ini, maka kita melihat bahwa penulis mau menunjukkan betapa baik pembangunan Kemah Suci yang telah dilakukan, mengikuti yang Allah lakukan dalam Penciptaan.

Pekerjaan Kemah Suci telah diselesaikan dan ayat 32 menyatakan, "Demikianlah diselesaikan segala pekerjaan melengkapi Kemah Suci, yakni Kemah Pertemuan itu." Disini kita dapat melihat paralel dengan konklusi dari kisah Penciptaan. Setelah Allah menyelesaikan Penciptaan-Nya, Alkitab menutupnya dengan perkataan ini: "Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya" (Kej. 2:1).

Kita masih dapat melihat paralel yang lain dengan Penciptaan. Setelah memeriksa semuanya, Musa kemudian berkata: "Dan Musa melihat segala pekerjaan itu, dan sesungguhnya, mereka telah melakukannya seperti yang diperintahkan Tuhan, demikianlan mereka melakukannya." Bandingkan ini dengan Kejadian 1:31: "Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik." Dengan demikian Musa mau menyatakan bahwa pembuatan Kemah Suci sangat baik, karena sesuai perintah Tuhan, sama seperti penciptaan dilakukan sesuai dengan kehendak Tuhan.

Setelah daftar yang mendetail dari semua bagian Kemah Suci diberikan (33-41), maka dikatakan: "Tepat seperti yang diperintahkan Tuhan kepada Musa, demikianlah dilakukan orang Israel segala pekerjaan itu" (42). Perhatikan, ada penekanan bahwa "orang Israel telah melakukannya tepat seperti yang diperintahkan", sama seperti di ayat 32. Ini karena para pekerja mewakili keseluruhan Israel dan materi-materi yang dipakai diberikan oleh seluruh Israel.

Pekerjaan ini diselesaikan dengan baik karena orang Israel melakukan persis seperti yang diperintahkan oleh Tuhan. Kita juga harus melakukan pekerjaan baik yang telah Allah persiapkan (Ef. 2:10) dengan baik dan sesuai kebenaran firman Allah karena Allah kita adalah Allah yang melakukan segala sesuatu dengan sangat baik.


Ayat Alkitab: Keluaran 39:32-43
39:32 Demikianlah diselesaikan segala pekerjaan melengkapi Kemah Suci, yakni Kemah Pertemuan itu. Orang Israel telah melakukannya tepat seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa, demikianlah mereka melakukannya.
39:33 Dibawa merekalah Kemah Suci itu kepada Musa, yakni kemah dengan segala perabotannya: kaitannya, papannya, kayu lintangnya, tiangnya dan alasnya,
39:34 tudung dari kulit domba jantan yang diwarnai merah, tudung dari kulit lumba-lumba, tabir penudung,
39:35 tabut hukum Allah dengan kayu-kayu pengusungnya dan tutup pendamaian,
39:36 meja, segala perkakasnya dan roti sajian,
39:37 kandil dari emas murni, lampu-lampunya--lampu yang harus teratur di atasnya--dan segala perkakasnya, minyak untuk penerangan,
39:38 mezbah dari emas, minyak urapan, ukupan dari wangi-wangian, tirai pintu kemah,
39:39 mezbah tembaga dengan kisi-kisi tembaganya, kayu-kayu pengusungnya dan segala perkakasnya, bejana pembasuhan dengan alasnya,
39:40 layar pelataran, tiangnya dan alasnya, dan tirai untuk pintu gerbang pelataran, talinya dan patoknya, segala perkakas untuk pekerjaan mendirikan Kemah Suci, yakni Kemah Pertemuan itu;
39:41 pakaian jabatan yang dipakai apabila diselenggarakan kebaktian di tempat kudus, pakaian kudus untuk imam Harun, dan pakaian anak-anaknya untuk memegang jabatan imam.
39:42 Tepat seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa, demikianlah dilakukan orang Israel segala pekerjaan melengkapi itu.
39:43 Dan Musa melihat segala pekerjaan itu, dan sesungguhnyalah, mereka telah melakukannya seperti yang diperintahkan TUHAN, demikianlah mereka melakukannya. Lalu Musa memberkati mereka.
Red heart Angel TUHAN YESUS MEMBERKATI Angel Red heart

Semoga melalui posting"Ketelitian dalam pekerjaan Allah (Keluaran 39 :32-43)" saudara bisa diberkati

Like, +1, dan Komentar akan membantu kami untuk memberikan yang terbaik untuk saudara.

Comments