Merdeka ? Mencuri uang rakyat dan mempersulit rakyat!


Galatia 5:13-15
13 Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.
14 Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!"
15 Tetapi jikalau kamu saling menggigit dan saling menelan, awaslah, supaya jangan kamu saling membinasakan.

Pembaca JC-Kok setiap tahun kita memperingati akan hari kemerdekaan negara kita Republik Indonesia , disini kita memperingati kemerdekaan dimana bangsa kita terbebas dari penjajahan bangsa lain; bangsa kita sudah tidak ditindas lagi ,tidak disuruh kerja paksa, dan diperhamba oleh bangsa lain. Namun satu hal yang saat ini memprihatinkan  yaitu kadilan dimana sampai sekarang ini keadlian sulit sekali didapatkan di negara kita ini.

Dalam pembacaan kita Paulus menyampaikan pesan dimana kita jangan mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk hidup dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih (ayat13) dan ini disampaikan kepada kita sekarang dimana setelah bangsa kita merdeka banyak yang mempergunakan itu untuk melakukan dosa, apalagi yang namanya mencuri (Korupsi) bagaimana mau mengasihi orang lain dalam kasih sedangkan mengambil hak rakyat dan membuat rakyatnya menderita, kita dapat membayangkan ada masyarakat kita yang bisa digolongkan susah tapi tidak melupakan akan kewajibannya memberi untuk pemerintah. Namun yang terjadi malah uang itu disalahgunakan , yaa memang alkitab mengatakandalam  1 Timotius 6:10  Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka. Inilah yang terjadi pada orang-orang dinegeri ini dimana Roh ketamakan ada dimana-mana sehingga 1 Timotius 6:9 ... mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan. Keadilan sudah tidak ada lagi yang seharusnya mengasihi sesama manusia sekarang menjadi mengasihi yang punya banyak uang! Sungguh memprihatinkan yaa bangsa kita ini.

Jadi kita sebagaimana orang Kristen apa boleh kita turun langsung ke pemerintahan ? Ya tentu boleh karena begitulah seharusnya kita untuk merubah negeri dan bangsa ini namun harus diperhatikan juga TUHAN menginginkan orang yang seperti apa?  Baca bagian 2 MERDEKA- Karakter untuk mengubah bangsa