Renungan Kristen - Khotbah Kristen - Download Lagu Rohani
Terbaru !!
Loading...
Tuesday, 27 August 2013

Info Post
Meski gentar, tetaplah taat
Bacaan: Hakim-hakim 6:33-40
Renungan Kristen

Kelanjutan kisah Gideon sangat menarik. Gideon ternyata masih meragukan pilihan Tuhan atas dirinya untuk memimpin bangsa Israel berperang melawan musuh. Dia memang bukan seorang pemberani. Untuk mengirik gandum saja, Gideon memilih tempat pemerasan anggur, tempat yang tersembunyi dari orang Midian. Maka wajar bila Gideon mempertanyakan pilihan Tuhan atas dirinya.

Ketakutan Gideon tampak juga saat ia bergumul untuk beriman pada janji Allah, sebab itu ia meminta jaminan. Padahal sebelumnya, ia juga telah meminta tanda, yaitu saat Malaikat Tuhan menyebut dia sebagai pahlawan yang gagah berani (Hak. 6:12-16, 17-21). Namun itu belum cukup rupanya.

Sampai dua kali Gideon meminta tanda dari Tuhan dengan guntingan bulu domba yang ditaruh di tempat pengirikan untuk memastikan panggilan Tuhan atas dirinya untuk menyelamatkan orang Israel (36-40). Melalui tanda pertama, Gideon ingin memastikan bahwa Tuhan memang memanggil dia. Tuhan berkenan menjawab Gideon dengan memberikan tanda yang diminta. Apakah Gideon langsung percaya dan taat? Tidak. Gideon justru meminta tanda kedua, dan mengingat sifat wol yang menyerap air maka tanda ini akan menunjukkan kuasa Tuhan dalam melakukan apa yang mustahil sehingga Gideon bisa yakin bahwa Tuhan benar-benar memanggil dia. Kita mungkin bisa paham bila Gideon meminta satu tanda, tetapi meminta tanda kedua dan ketiga menunjukkan keraguannya terhadap firman Allah. Namun dengan kesabaran-Nya, Tuhan kembali memberikan tanda yang diminta untuk meneguhkan hamba-Nya.

Melakukan sesuatu di luar kemampuan diri memang tidak selalu mudah bagi setiap orang. Ada yang justru merasa tertantang, ada juga yang malah gentar dan mundur teratur. Namun bila kita tahu bahwa hal itu merupakan kehendak Tuhan, maka hendaknya kita tidak membiarkan rasa takut dan gentar menghalangi kita untuk taat kepada Allah. Allah akan mengajar kita langkah demi langkah, jika kita percaya pada Dia. Meski gentar, tetaplah taat.


Ayat Alkitab: Hakim-hakim 6:33-40
6:33 Seluruh orang Midian dan orang Amalek dan orang-orang dari sebelah timur telah berkumpul bersama-sama; mereka telah menyeberang dan berkemah di lembah Yizreel.
6:34 Pada waktu itu Roh TUHAN menguasai Gideon ; ditiupnyalah sangkakala dan orang-orang Abiezer dikerahkan untuk mengikuti dia.
6:35 Juga dikirimnya pesan kepada seluruh suku Manasye dan orang-orang inipun dikerahkan untuk mengikuti dia. Dikirimnya pula pesan kepada suku Asyer, Zebulon dan Naftali, dan orang-orang inipun maju untuk menggabungkan diri dengan mereka.
6:36 Kemudian berkatalah Gideon kepada Allah: "Jika Engkau mau menyelamatkan orang Israel dengan perantaraanku, seperti yang Kaufirmankan itu,
6:37 maka aku membentangkan guntingan bulu domba di tempat pengirikan; apabila hanya di atas guntingan bulu itu ada embun, tetapi seluruh tanah di situ tinggal kering, maka tahulah aku, bahwa Engkau mau menyelamatkan orang Israel dengan perantaraanku, seperti yang Kaufirmankan."
6:38 Dan demikianlah terjadi; sebab keesokan harinya pagi-pagi ia bangun, dipulasnya guntingan bulu itu dan diperasnya air embun dari guntingan bulu itu, secawan penuh air.
6:39 Lalu berkatalah Gideon kepada Allah: "Janganlah kiranya murka-Mu bangkit terhadap aku, apabila aku berkata lagi, sekali ini saja; biarkanlah aku satu kali lagi saja mengambil percobaan dengan guntingan bulu itu: sekiranya yang kering hanya guntingan bulu itu, dan di atas seluruh tanah itu ada embun."
6:40 Dan demikianlah diperbuat Allah pada malam itu, sebab hanya guntingan bulu itu yang kering, dan di atas seluruh tanah itu ada embun.

Red heart Angel TUHAN YESUS MEMBERKATI Angel Red heart

Semoga melalui posting"Meski gentar, tetaplah taat (Hakim-hakim 6:33-40)" saudara bisa diberkati

Like, +1, dan Komentar akan membantu kami untuk memberikan yang terbaik untuk saudara.

Comments