Renungan Kristen - Khotbah Kristen - Download Lagu Rohani
Terbaru !!
Loading...
Friday, 9 August 2013

Info Post
Bacaan: Keluaran 38:21-31
Renungan Kristen
Pentingnya pertanggungjawaban
Pekerjaan Tuhan memerlukan dana, yang dipenuhi dari persembahan jemaat. Maka pengelola dana seharusnya memberikan pertanggungjawaban atas setiap penggunaan dana. Dalam nas hari ini, kita melihat bahwa Musa memberi pertanggungjawaban atas bahan-bahan yang dipakai untuk mendirikan Kemah Suci.
Musa meminta seorang Lewi di bawah pimpinan Itamar, anak imam Harun, untuk memberikan daftar bahan yang dipakai bagi pendirian Kemah Suci yang didapat dari persembahan jemaat. Emas yang dipakai adalah 29 talenta dan 730 syikal (24), semua berjumlah 87.730 syikal emas (1 talenta = 3000 syikal).
Perak yang dipakai didapat dari jemaat yang terdaftar, yaitu laki-laki berumur 20 tahun keatas, yang berjumlah 603.550 (26; bdk. Bil. 1:46). Setiap orang yang terdaftar membayar setengah syikal, maka jumlahnya: 603.550 X 0, 5 syikal = 301.775 syikal = 100 talenta dan 1.775 syikal. Seratus talenta tersebut dipakai untuk menuang alas-alas tempat kudus dan alas-alas tiang tabir, masing-masing satu talenta (27). Sedangkan yang 1.775 syikal dipakai untuk kaitan tiang-tiang.
Tembaga dari persembahan adalah 70 talenta dan 2400 syikal = 212.400 syikal, dan dipakai untuk membuat alas-alas pintu Kemah Pertemuan, dan mezbah tembaga dengan kisi-kisi tembaganya, serta alas- alas lain (29-31).
Kita melihat bahwa Musa mempertanggungjawabkan persembahan jemaat baik yang berupa emas dan tembaga (24, 29), maupun perak. Dalam Keluaran 34, Musa meminta jemaat untuk memberikan persembahan khusus dari barang kepunyaan mereka, sesuai dorongan hati masing-masing (Kel. 34:4-5). Lalu setiap orang yang terdorong hatinya, membawa anting-anting, cincin meterai, dan segala macam barang emas, lalu memberikan persembahan unjukan dari emas bagi Tuhan (Kel. 34:22).
Bagi kita yang terlibat secara aktif dalam pekerjaan Tuhan di mana pun, mari kita belajar mempertanggungjawabkan segala yang kita kerjakan bagi Tuhan supaya Tuhan dimuliakan dan saudara seiman kita tahu apa yang telah dikerjakan dengan persembahan mereka.

Ayat Alkitab: Keluaran 38:21-31



38:21 Inilah daftar biaya untuk mendirikan Kemah Suci, yakni Kemah Suci, tempat hukum Allah, yang disusun atas perintah Musa, oleh orang Lewi di bawah pimpinan Itamar, anak imam Harun.
38:22 Bezaleel bin Uri bin Hur, dari suku Yehuda, membuat segala yang diperintahkan TUHAN kepada Musa,
38:23 dan bersama-sama dengan dia turut Aholiab, anak Ahisamakh, dari suku Dan, seorang tukang dan ahli, seorang yang membuat tenunan yang berwarna-warna dari kain ungu tua, dari kain ungu muda, dari kain kirmizi dan dari lenan halus. --
38:24 Segala emas yang dipakai untuk segala pekerjaan mendirikan tempat kudus itu, yakni emas dari persembahan unjukan, ada dua puluh sembilan talenta dan tujuh ratus tiga puluh syikal, ditimbang menurut syikal kudus.
38:25 Perak persembahan mereka yang didaftarkan dari antara jemaah itu ada seratus talenta dan seribu tujuh ratus tujuh puluh lima syikal, ditimbang menurut syikal kudus:
38:26 sebeka seorang, yaitu setengah syikal, ditimbang menurut syikal kudus, untuk setiap orang yang termasuk orang-orang yang terdaftar, yang berumur dua puluh tahun ke atas, sejumlah enam ratus tiga ribu lima ratus lima puluh orang.
38:27 Seratus talenta perak dipakai untuk menuang alas-alas tempat kudus dan alas-alas tiang tabir itu, seratus alas sesuai dengan seratus talenta itu, jadi satu talenta untuk satu alas.
38:28 Dari yang seribu tujuh ratus tujuh puluh lima syikal itu dibuatnyalah kaitan-kaitan untuk tiang-tiang itu, disalutnyalah kepala tiang itu dan dihubungkannya tiang-tiang itu dengan penyambung-penyambung.
38:29 Tembaga dari persembahan unjukan itu ada tujuh puluh talenta dan dua ribu empat ratus syikal.
38:30 Dari padanya dibuatnyalah alas-alas pintu Kemah Pertemuan, dan mezbah tembaga dengan kisi-kisi tembaganya, segala perkakas mezbah itu,
38:31 alas-alas pelataran sekelilingnya, alas-alas pintu gerbang pelataran itu, segala patok Kemah Suci dan segala patok pelataran sekelilingnya.
Red heart Angel TUHAN YESUS MEMBERKATI Angel Red heart

Semoga melalui posting"Pentingnya pertanggungjawaban (Keluaran 38 :21-31)" saudara bisa diberkati

Like, +1, dan Komentar akan membantu kami untuk memberikan yang terbaik untuk saudara.

Comments