Renungan Kristen - Khotbah Kristen - Download Lagu Rohani
Terbaru !!
Loading...
Wednesday, 14 August 2013

Info Post
Penyertaan Allah yang kudus
Bacaan: Keluaran 40:34-38
Renungan Kristen


Allah kita yang luar biasa itu berkenan diam bersama umat-Nya. Sejak mula, ketika Allah memerintahkan Israel membuat Kemah bagi-Nya, maka Allah bertujuan "supaya Aku akan diam di tengah-tengah mereka" (Kel. 25:8). Lalu setelah Kemah Suci dan segala perabotannya dikuduskan, Allah pun menepati janji-Nya.

Ayat 34 mengatakan: "Lalu awan itu menutupi Kemah Pertemuan, dan kemuliaan Tuhan memenuhi Kemah Suci." Kita dapat pahami bahwa awan itu menunjukkan kemuliaan Tuhan. Ini sama dengan penampakan Tuhan di gunung Sinai: "dan awan itu menutupi gunung tersebut, dan kemuliaan Tuhan diam di atas gunung Sinai" (terjemahan harfiah; Kel. 24:15-16). Sepertinya Kemah Suci merupakan miniatur gunung Sinai, yang dapat diangkat dari tempat ke tempat, supaya Allah menyertai Israel dalam pengembaraan mereka. Pada waktu Bait Allah yang dibangun Salomo ditahbiskan, awan kemuliaan Tuhan juga memenuhinya (1Raj. 8:10-11).

Kemuliaan Tuhan membuat Musa tidak dapat memasuki Kemah Suci (35). Pada waktu di gunung Sinai, Musa baru dapat naik ke gunung itu pada hari ketujuh saat Tuhan memanggil dia. Berarti selama enam hari ketika kemuliaan Tuhan diam di gunung Sinai, Musa tak dapat naik ke gunung itu (Kel. 25:16). Demikian pula di Kemah Suci, Musa tidak dapat memasuki Kemah Suci sampai Allah memanggilnya (Im. 1:1). Ini menunjukkan kekudusan Tuhan membuat makhluk ciptaan tak tahan berada didekat-Nya. Namun Dia berkenan menuntun umat dari hari ke hari, mengarahkan ke mana mereka harus pergi dan di mana mereka perlu berkemah. Allah terus ada di atas Kemah Suci siang dan malam (36-38).

Penyertaan Tuhan terhadap umat-Nya begitu konkret, yang menunjukkan bahwa Allah sungguh-sungguh berdiam di antara umat-Nya. Walaupun sekarang kita tidak melihat awan kemuliaan Tuhan itu, tetapi kita harus sadar bahwa Allah menyertai kita juga sama seperti Ia menyertai Israel. Namun kita harus paham bahwa Allah yang menyertai kita adalah Allah yang kudus. Jika kita mau mengalami penyertaan Allah, kita harus hidup kudus dan menaati Dia.




Ayat Alkitab: Keluaran 40:34-38


40:34 Lalu awan itu menutupi Kemah Pertemuan, dan kemuliaan TUHAN memenuhi Kemah Suci,
40:35 sehingga Musa tidak dapat memasuki Kemah Pertemuan, sebab awan itu hinggap di atas kemah itu, dan kemuliaan TUHAN memenuhi Kemah Suci.
40:36 Apabila awan itu naik dari atas Kemah Suci, berangkatlah orang Israel dari setiap tempat mereka berkemah.
40:37 Tetapi jika awan itu tidak naik, maka merekapun tidak berangkat sampai hari awan itu naik.
40:38 Sebab awan TUHAN itu ada di atas Kemah Suci pada siang hari, dan pada malam hari ada api di dalamnya, di depan mata seluruh umat Israel pada setiap tempat mereka berkemah.
Red heart Angel TUHAN YESUS MEMBERKATI Angel Red heart

Semoga melalui posting"Penyertaan Allah yang kudus (Keluaran 40:34-38)" saudara bisa diberkati

Like, +1, dan Komentar akan membantu kami untuk memberikan yang terbaik untuk saudara.

Comments