Update Terbaru :
Terbaru !!
Loading...
August 18, 2013

Info Post

Merasa diberkati dengan tulisan di blog ini ? Di like yaa. Jesus Bless

Perbuatan Allah layak disyukuri
Bacaan: Mazmur 111
Renungan kristen
Mazmur 111-113 disebut sebagai mazmur haleluya. Masing-masing mazmur memiliki jenis sastra yang berbeda. Namun, nuansa pujian terasa kental "haleluya!" Mazmur 111 adalah mazmur syukur. Dalam bahasa Ibrani, Mazmur 111 berciri puisi akrostik. Yaitu, permulaan dari setiap baris secara berurutan menggunakan susunan abjad Ibrani. Tentu, selain keindahan, bentuk akrostik ini juga dimaksudkan agar para pelantun mazmur ini mudah menghafal mazmur ini. Pemazmur ingin para pelantunnya benar-benar menyadari mengapa perlu bersyukur kepada Tuhan.

Pemazmur mengajak umat Tuhan sebagai sebuah komunitas yang beribadah bersyukur kepada Tuhan karena karya-Nya yang besar dan ajaib sesuai dengan kasih setia-Nya (2-4). Kesetiaan-Nya pada perjanjian-Nya dipaparkan dalam tiga karya-Nya yang luhur. Pertama, Tuhan telah membebaskan mereka dari belenggu perbudakan Mesir (9). Kedua, sebagai umat yang merdeka dan berdaulat mereka dianugerahi tanah Kanaan sebagai tanah pusaka (6). Dalam wilayah kedaulatan itulah Allah memberikan hukum-hukum-Nya agar keadilan dan kebenaran ditegakkan (7-8). Dan ketiga, mereka dipelihara di tanah pusaka mereka dengan segala kebutuhan mereka dipenuhi (5).

Ajakan bersyukur ini tidak berhenti hanya pada ucapan bibir dalam ritual ibadah semata-mata. Rasa syukur harus diungkapkan dengan sikap menerima karya Tuhan dan mewujudkannya dalam hidup keseharian umat Tuhan. Hidup seperti apakah yang tepat untuk merespons segala kebaikan Tuhan? Hidup kudus sesuai kekudusan nama Tuhan (9). Hidup adil dan benar sesuai keadilan dan kebenaran Tuhan (7-8). Hidup menjadi berkat bagi sesama, seperti Tuhan yang telah memberkati mereka dengan rezeki yang melimpah (5)! Sudahkah kita mewujudkan syukur kita kepada-Nya dengan hidup yang sedemikian?


Ayat Alkitab: Mazmur 111:1-10
111:1 Haleluya! Aku mau bersyukur kepada TUHAN dengan segenap hati, dalam lingkungan orang-orang benar dan dalam jemaah.
111:2 Besar perbuatan-perbuatan TUHAN, layak diselidiki oleh semua orang yang menyukainya.
111:3 Agung dan bersemarak pekerjaan-Nya, dan keadilan-Nya tetap untuk selamanya.
111:4 Perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib dijadikan-Nya peringatan; TUHAN itu pengasih dan penyayang.
111:5 Diberikan-Nya rezeki kepada orang-orang yang takut akan Dia. Ia ingat untuk selama-lamanya akan perjanjian-Nya.
111:6 Kekuatan perbuatan-Nya diberitakan-Nya kepada umat-Nya, dengan memberikan kepada mereka milik pusaka bangsa-bangsa.
111:7 Perbuatan tangan-Nya ialah kebenaran dan keadilan, segala titah-Nya teguh,
111:8 kokoh untuk seterusnya dan selamanya, dilakukan dalam kebenaran dan kejujuran.
111:9 Dikirim-Nya kebebasan kepada umat-Nya, diperintahkan-Nya supaya perjanjian-Nya itu untuk selama-lamanya; nama-Nya kudus dan dahsyat.
111:10 Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN , semua orang yang melakukannya berakal budi yang baik. Puji-pujian kepada-Nya tetap untuk selamanya.

___________________________________________________________________________

Semoga melalui posting"Perbuatan Allah layak disyukuri (Mazmur 111)" saudara bisa diberkati

___________________________________________________________________________

Like, +1, dan Komentar akan membantu kami untuk memberikan yang terbaik untuk saudara.

Red heart Angel TUHAN YESUS MEMBERKATI Angel Red heart
Comments