MANFAAT DOA (Yakobus 5:16b)


Pendahuluan
Doa merupakan salah satu Kebenaran penting yang dilakukan dan diajarkan Tuhan Yesus kepada semua orang percaya. Doa adalah sarana untuk kita bisa berkomunikasi dengan Allah. Apa manfaat Doa dan Bagaimana Kuasa dari Doa itu bagi kita ?

Pembahasan
1)    Doa dapat Mengubah KETAKUTAN Menjadi Kekuatan!
a)    YOSAFAT; 2 Taw. 20:3 “Yosafat menjadi takut, lalu mengambil keputusan untuk mencari TUHAN. Ia menyertakan kepada seluruh Yehuda supaya berpuasa. Di Ay.20 Yosafat berperang dan Menang”
b)    YESUS; Luk 22:44 “Ia sangat ketakutan dan makin bersungguh-sungguh berdoa. Peluh-Nya menjadi seperti titik-titik darah yang bertetesan ke tanah.
2)    Doa dapat menghasilkan sesuatu yang TIDAK ADA menjadi Ada!
a)    HANA; Untuk mendapat anak inilah aku berdoa, dan TUHAN telah memberikan kepadaku, apa yang kuminta dari pada-Nya.
b)    NABI ELIA; 1 Raja. 18:37-38 Jawablah aku, ya TUHAN, jawablah aku, supaya bangsa ini mengetahui, bahwa Engkaulah Allah, ya TUHAN, dan Engkaulah yang membuat hati mereka tobat kembali." Lalu turunlah api TUHAN menyambar habis korban bakaran, kayu api, batu dan tanah itu, bahkan air yang dalam parit itu habis dijilatnya.
3)    Doa dapat Menjadikan Sesuatu yang MUSTAHIL menjadi Mungkin!
a)    HIZKA; Yesaya 38:4-5 “Maka berfirmanlah TUHAN kepada Yesaya: "Pergilah dan katakanlah kepada Hizkia: Beginilah firman TUHAN, Allah Daud, bapa leluhurmu: Telah Kudengar doamu dan telah Kulihat air matamu. Sesungguhnya Aku akan memperpanjang hidupmu lima belas tahun lagi”
b)    PETRUS; Kisah Para Rasul 9:40 “Tetapi Petrus menyuruh mereka semua keluar, lalu ia berlutut dan berdoa. Kemudian ia berpaling ke mayat itu dan berkata: "Tabita, bangkitlah!" Lalu Tabita membuka matanya dan ketika melihat Petrus, ia bangun lalu duduk”
KESIMPULAN
            Jangan Jemu-Jemu Berdoa (Lukas 18:1) Tetapi, tetaplah Berdoa (1Tesalonika 5:17). Karena Doa orang benar besar kuasanya (Yakobus 5:16b) Tuhan Yesus Memberkati. Amin!