Renungan Kristen- Bagian-Ku dan bagianku (Keluaran 23:20-33)


SANTAPAN HARIAN
Keluaran 23:20-33
Judul: Bagian-Ku dan bagianku
Tuhan menyiapkan rencana strategis jauh melampaui pemikiran umat-Nya. Dalam merealisasi janji-Nya, Tuhan akan menyertai umat-Nya, langkah demi langkah. Jika orang Israel dibiarkan bertindak sendirian, mereka akan tergesa-gesa, impulsif, dan kurang perencanaan. Bilangan 14:39-45 merupakan salah satu contohnya. Namun, Tuhan tahu yang terbaik bagi umat-Nya dan itu adalah dengan membuat mereka menguasai tanah perjanjian setahap demi setahap. Semakin banyak penduduk Israel, semakin siap mereka menempati wilayah yang luas. Ada cukup tenaga untuk mengolah ladang dan menghalau binatang buas. Juga ada kekuatan yang cukup terkonsentrasi untuk menghalau musuh. Jika jumlah orang Israel terbatas dan langsung diberikan wilayah yang luas, itu akan membahayakan keselamatan dan kualitas hidup mereka.

Tuhan akan mengerjakan bagian-Nya dengan mengirim ketakutan kepada orang-orang yang menjadi musuh Israel. Namun Ia juga menuntut orang Israel mengerjakan bagian mereka, yaitu tetap setia kepada-Nya, menjauhkan diri dari allah bangsa-bangsa yang akan mereka halau dari tanah yang Tuhan janjikan, serta menjaga kesucian hidup sebagai pribadi dan bangsa yang kudus, yang berbeda dari bangsa-bangsa lain yang sebelumnya menghuni tanah yang Tuhan akan berikan kepada mereka itu.

Kita tiba pada akhir dari hukum sipil yang pertama, yang Tuhan berikan kepada umat Israel setelah mereka keluar dari Mesir. Selanjutnya hukum ini akan diresmikan dalam sebuah upacara formal antara Tuhan dengan umat-Nya.

Melalui rangkaian bacaan seminggu ini, kita melihat dengan jelas pokok-pokok yang menjadi pusat perhatian dan keprihatinan Allah atas umat-Nya, yaitu kelebihan manusia sebagai penyandang gambar Allah, kekudusan hidup sebagai umat-Nya, dan sikap empati terhadap orang-orang yang tersingkir dalam masyarakat. Kiranya pokok-pokok yang menjadi pusat perhatian dan keprihatinan Allah ini membentuk pola pikir dan gaya hidup kita sebagai anak-anak-Nya.
Keluaran 23:20-33
23:20 "Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan.
23:21 Jagalah dirimu di hadapannya dan dengarkanlah perkataannya, janganlah engkau mendurhaka kepadanya, sebab pelanggaranmu tidak akan diampuninya, sebab nama-Ku ada di dalam dia.
23:22 Tetapi jika engkau sungguh-sungguh mendengarkan perkataannya, dan melakukan segala yang Kufirmankan, maka Aku akan memusuhi musuhmu, dan melawan lawanmu.
23:23 Sebab malaikat-Ku akan berjalan di depanmu dan membawa engkau kepada orang Amori, orang Het, orang Feris, orang Kanaan, orang Hewi dan orang Yebus, dan Aku akan melenyapkan mereka.
23:24 Janganlah engkau sujud menyembah kepada allah mereka atau beribadah kepadanya, dan janganlah engkau meniru perbuatan mereka, tetapi haruslah engkau memusnahkan sama sekali patung-patung berhala buatan mereka, dan tugu-tugu berhala mereka haruslah kauremukkan sama sekali.
23:25 Tetapi kamu harus beribadah kepada TUHAN, Allahmu; maka Ia akan memberkati roti makananmu dan air minumanmu dan Aku akan menjauhkan penyakit dari tengah-tengahmu.
23:26 Tidak akan ada di negerimu perempuan yang keguguran atau mandul. Aku akan menggenapkan tahun umurmu.
23:27 Kengerian terhadap Aku akan Kukirimkan mendahului engkau: Aku akan mengacaukan semua orang yang kaudatangi, dan Aku akan membuat semua musuhmu lari membelakangi engkau.
23:28 Lagi Aku akan melepaskan tabuhan mendahului engkau, sehingga binatang-binatang itu menghalau orang Hewi, orang Kanaan dan orang Het itu dari depanmu.
23:29 Aku tidak akan menghalau mereka dari depanmu dalam satu tahun, supaya negeri itu jangan menjadi sepi, dan segala binatang hutan jangan bertambah banyak melebihi engkau.
23:30 Sedikit demi sedikit Aku akan menghalau mereka dari depanmu, sampai engkau beranak cucu sedemikian, hingga engkau dapat memiliki negeri itu.
23:31 Aku akan menentukan batas daerahmu dari Laut Teberau sampai Laut Filistin dan dari padang gurun sampai sungai Efrat, sebab Aku akan menyerahkan penduduk negeri itu ke dalam tanganmu, sehingga engkau menghalau mereka dari depanmu.
23:32 Janganlah mengadakan perjanjian dengan mereka ataupun dengan allah mereka.
23:33 Mereka tidak akan tetap diam di negerimu, supaya mereka jangan membuat engkau berdosa kepada-Ku, dengan beribadah kepada allah mereka, sebab tentulah hal itu menjadi jerat bagimu."
Official:  (http://jc-kok.blogspot.com)
Page     : (www.facebook.com/jckok.renungan.khotbah.lagurohani)
Group  : (www.facebook.com/groups/jc.kok/)

Komentar