Renungan Kristen Diberi karunia untuk melayani

SANTAPAN HARIAN
Keluaran 31:1-11
Judul: Diberi karunia untuk melayani
Tuhan memberikan karunia yang berbeda-beda kepada tiap-tiap orang untuk melayani Tuhan. Contohnya, Musa diberi karunia untuk memimpin orang Israel memasuki tanah perjanjian, tetapi ia tidak memiliki karunia untuk membuat perkakas Kemah Suci. Karunia itu diberikan kepada Bezaleel dan Aholiab.

Tuhan telah memberi tahu Musa sebelumnya mengenai benda-benda yang harus ada di dalam Kemah Suci. Untuk pengadaan benda-benda itu, Tuhan menunjuk Bezaleel untuk menerima karunia berupa keahlian (kecakapan di bidang seni), pengertian (kepandaian menyangkut bidang keahliannya), dan pengetahuan (teoretis maupun teknis). Karunia itu digunakan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat artistik (3-5; Kel 35:11-13).

Allah memenuhi Bezaleel dengan Roh Allah sehingga secara supranatural, ia dimampukan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan itu sesuai dengan yang Allah inginkan. Meski apa yang dilakukan Bezaleel tidak seperti yang dilakukan Musa dan Harun, tetapi Tuhan melihat pekerjaan Bezaleel sebagai sesuatu yang bersifat rohani juga sehingga untuk itu dibutuhkan kuasa Roh Kudus.

Di samping Bezaleel, ada juga Aholiab dan perajin-perajin lainnya, yang mendapatkan keahlian mereka dari Allah (6). Meskipun mereka adalah orang-orang yang ahli, tetapi nas hari ini memperlihatkan bahwa keterlibatan mereka dalam pekerjaan Tuhan terjadi karena keahlian yang Roh Kudus karuniakan kepada mereka.

Kita semua bisa ambil bagian dalam pelayanan kepada Tuhan, tetapi tidak semuanya bisa ambil bagian sebagai pengkhotbah karena setiap orang memiliki karunianya masing-masing. Bisa saja karunia yang kita terima terkesan tidak bersifat rohani, tetapi bukan berarti kita tidak bisa terlibat dalam pekerjaan Tuhan.

Atau bisa juga kita berkiprah dalam dunia yang lebih luas. Manfaatkanlah karunia itu untuk menghiasi dunia ini dengan karya-karya yang mengandung nilai-nilai kristiani. Melaluinya, kita bisa memancarkan kemuliaan Allah di tengah dunia yang semakin gelap ini.
Keluaran 31:1-11
31:1   Berfirmanlah TUHAN kepada Musa:
31:2   "Lihat, telah Kutunjuk Bezaleel bin Uri bin Hur, dari suku Yehuda,
31:3   dan telah Kupenuhi dia dengan Roh Allah, dengan keahlian dan pengertian dan pengetahuan, dalam segala macam pekerjaan,
31:4   untuk membuat berbagai rancangan supaya dikerjakan dari emas, perak dan tembaga;
31:5   untuk mengasah batu permata supaya ditatah; untuk mengukir kayu dan untuk bekerja dalam segala macam pekerjaan.
31:6   Juga Aku telah menetapkan di sampingnya Aholiab bin Ahisamakh, dari suku Dan; dalam hati setiap orang ahli telah Kuberikan keahlian. Haruslah mereka membuat segala apa yang telah Kuperintahkan kepadamu:
31:7   Kemah Pertemuan, tabut untuk hukum, tutup pendamaian yang terletak di atasnya, dan segala perabotan kemah itu,
31:8   yakni meja dengan perkakasnya, kandil dari emas murni dengan segala perkakasnya, mezbah pembakaran ukupan,
31:9   mezbah korban bakaran dengan segala perkakasnya, bejana pembasuhan dengan alasnya,
31:10 pakaian jabatan, baik pakaian kudus kepunyaan imam Harun, maupun pakaian anak-anaknya, untuk memegang jabatan imam,
31:11 minyak urapan dan ukupan dari wangi-wangian untuk tempat kudus; tepat seperti yang telah Kuperintahkan kepadamu haruslah mereka membuat semuanya."

Official:  (http://jc-kok.blogspot.com)
Page     : (www.facebook.com/jckok.renungan.khotbah.lagurohani)
Group  : (www.facebook.com/groups/jc.kok/)

Komentar