Renungan Kristen - Khotbah Kristen - Download Lagu Rohani
Terbaru !!
Loading...
Tuesday, 16 July 2013

Info Post

Keluaran 27:1-21
Judul: Kurban yang sempurna
Bacaan kali ini berkaitan dengan pembuatan mezbah dan pelataran Kemah Suci. Mezbah ini merupakan mezbah kurban bakaran yang akan terlihat saat pertama masuk ke pelataran Kemah Suci (lihat Kel 40:6). Mezbah dari kayu ini harus dilapisi dengan tembaga agar tahan api. Di sinilah kurban yang dibawa umat Israel dipersembahkan agar umat dapat menghampiri Allah. Keempat tanduk pada mezbah melambangkan perlindungan dan penebusan karena darah yang dibubuhkan padanya (Kel 29:12). Bahkan dipercayai bahwa seorang penjahat yang melarikan diri dan memegang ujung tanduk tersebut akan beroleh perlindungan (lihat 1Raj 1:50-53; 2:28-34).

Pelataran dibuat dengan tirai yang tinggi di sekelilingnya, yang memberi batas wilayah kekudusan Kemah Suci (lihat Kel 19:12). Pelataran ini sangat luas dibandingkan dengan Kemah Suci untuk menampung umat Tuhan yang akan membawa persembahan kurban mereka, yang selanjutnya dikelola oleh para imam yang boleh masuk ke ruang kudus. Lewat serangkaian ritual, umat diwakili imam beroleh jalan masuk kepada Allah yang bertakhta di ruang maha kudus.

Ayat 20-21 memaparkan instruksi pengaturan di dalam Kemah Suci. Kemah Suci harus senantiasa diterangi oleh pelita dengan minyak yang terbaik. Pelita yang terus menyala di Kemah Suci menyatakan bahwa Allah senantiasa hadir bagi mereka untuk melayani mereka yang datang dengan suatu kebutuhan rohani.

Begitu detailnya pengaturan ruang, tempat umat beribadah di hadapan Allah. Ini memberi pelajaran kepada kita untuk detail juga dalam mengelola hidup ini sebagai ibadah kita. Memang gereja bukan Kemah Suci atau Bait Suci Perjanjian Lama. Gereja adalah hidup anak-anak Tuhan yang sudah ditebus oleh kurban Kristus yang sempurna sehingga tidak ada lagi bagian pelataran yang terpisah dari Kemah Suci, dan ruang kudus yang terpisah dari ruang maha kudus. Justru karena Kristus kita boleh masuk ke tempat terdalam hati Allah, maka kita harus menata hidup kita secara detail sehingga setiap aspeknya kudus dan diperkenan Allah.
Keluaran 27:1-21
27:1 "Haruslah engkau membuat mezbah dari kayu penaga, lima hasta panjangnya dan lima hasta lebarnya, sehingga mezbah itu empat persegi, tetapi tiga hasta tingginya.
27:2 Haruslah engkau membuat tanduk-tanduknya pada keempat sudutnya; tanduk-tanduknya itu haruslah seiras dengan mezbah itu dan haruslah engkau menyalutnya dengan tembaga.
27:3 Juga harus engkau membuat kuali-kualinya tempat menaruh abunya, dan sodok-sodoknya dan bokor-bokor penyiramannya, garpu-garpunya dan perbaraan-perbaraannya; semua perkakasnya itu harus kaubuat dari tembaga.
27:4 Haruslah engkau membuat untuk itu kisi-kisi, yakni jala-jala tembaga, dan pada jala-jala itu haruslah kaubuat empat gelang tembaga pada keempat ujungnya.
27:5 Haruslah engkau memasang jala-jala itu di bawah jalur mezbah itu; mulai dari sebelah bawah, sehingga jala-jala itu sampai setengah tinggi mezbah itu.
27:6 Haruslah engkau membuat kayu-kayu pengusung untuk mezbah itu, kayu-kayu pengusung dari kayu penaga dan menyalutnya dengan tembaga.
27:7 Kayu-kayu pengusungnya itu haruslah dimasukkan ke dalam gelang-gelang itu dan kayu-kayu pengusung itu haruslah ada pada kedua rusuk mezbah itu waktu mezbah itu diangkut.
27:8 Mezbah itu harus kaubuat berongga dan dari papan, seperti yang ditunjukkan kepadamu di atas gunung itu, demikianlah harus dibuat mezbah itu."
27:9 "Haruslah engkau membuat pelataran Kemah Suci; untuk pelataran itu pada sebelah selatan harus dibuat layar dari lenan halus yang dipintal benangnya, seratus hasta panjangnya pada sisi yang satu itu.
27:10 Tiang-tiangnya harus ada dua puluh, dan alas-alas tiang itu harus dua puluh, dari tembaga, tetapi kaitan-kaitan tiang itu dan penyambung-penyambungnya harus dari perak.
27:11 Demikian juga pada sebelah utara, pada panjangnya, harus ada layar yang seratus hasta panjangnya, tiang-tiangnya harus ada dua puluh dan alas-alas tiang itu harus dua puluh, dari tembaga, tetapi kaitan-kaitan tiang itu dan penyambung-penyambungnya harus dari perak.
27:12 Dan pada lebar pelataran itu pada sebelah barat harus ada layar yang lima puluh hasta, dengan sepuluh tiangnya dan sepuluh alas tiang itu.
27:13 Lebar pelataran itu, yaitu bagian muka pada sebelah timur harus lima puluh hasta,
27:14 yakni lima belas hasta layar untuk sisi yang satu di samping pintu gerbang itu, dengan tiga tiangnya dan tiga alas tiang itu;
27:15 dan juga untuk sisi yang kedua di samping pintu gerbang itu lima belas hasta layar, dengan tiga tiangnya dan tiga alas tiang itu;
27:16 tetapi untuk pintu gerbang pelataran itu tirai dua puluh hasta dari kain ungu tua dan kain ungu muda, kain kirmizi dan dari lenan halus yang dipintal benangnya--tenunan yang berwarna-warna--dengan empat tiangnya dan empat alas tiang itu.
27:17 Segala tiang yang mengelilingi pelataran itu haruslah dihubungkan dengan penyambung-penyambung perak, dan kaitan-kaitannya harus dari perak dan alas-alasnya dari tembaga.
27:18 Panjang pelataran itu harus seratus hasta, lebarnya lima puluh hasta dan tingginya lima hasta, dari lenan halus yang dipintal benangnya, dan alas-alasnya harus dari tembaga.
27:19 Adapun segala perabotan untuk seluruh perlengkapan Kemah Suci, dan juga segala patoknya dan segala patok pelataran: semuanya harus dari tembaga."
27:20 "Haruslah kauperintahkan kepada orang Israel, supaya mereka membawa kepadamu minyak zaitun tumbuk yang murni untuk lampu, supaya orang dapat memasang lampu agar tetap menyala.
27:21 Di dalam Kemah Pertemuan di depan tabir yang menutupi tabut hukum, haruslah Harun dan anak-anaknya mengaturnya dari petang sampai pagi di hadapan TUHAN. Itulah suatu ketetapan yang berlaku untuk selama-lamanya bagi orang Israel turun-temurun."

Official:  (http://jc-kok.blogspot.com)
Page     : (www.facebook.com/jckok.renungan.khotbah.lagurohani)
Group  : (www.facebook.com/groups/jc.kok/)

Red heart Angel TUHAN YESUS MEMBERKATI Angel Red heart

Semoga melalui posting"Renungan Kristen-Kurban yang sempurna" saudara bisa diberkati

Like, +1, dan Komentar akan membantu kami untuk memberikan yang terbaik untuk saudara.

Comments