Renungan Kristen - Khotbah Kristen - Download Lagu Rohani
Terbaru !!
Loading...
Wednesday, 24 July 2013

Info Post

SANTAPAN HARIAN
Keluaran 30:17-38
Judul: Tidak boleh sembarangan
Bagaimana sikap kita ketika datang beribadah maupun melayani di rumah Tuhan? Apakah kita menunjukkan sikap respek dan hormat kepada Tuhan, mengandalkan kuasa Roh Kudus dalam melayani, dan doa kita hanya ditujukan kepada Dia?

Allah di sini memberikan tiga aturan yang tegas yang harus Musa perhatikan. Barangsiapa yang melanggarnya akan mengalami hukuman yang mengerikan (20, 21, 33, 38). Pertama, menyangkut bejana pembasuhan. Bejana ini harus dibuat dari tembaga sebagai lambang penghakiman dan keadilan (bdk. Why 1:15), diletakkan di depan Kemah Suci, dan diisi air agar para imam dapat membasuh tangan dan kaki mereka sebelum masuk ke Kemah Suci untuk melayani Tuhan. Hal ini penting untuk menunjukkan kelayakan mereka datang ke hadapan Tuhan dengan berhiasan kekudusan. Kedua, menyangkut minyak urapan. Minyak ini harus dibuat secara khusus dari bahan-bahan pilihan dan menurut takaran tertentu. Ini adalah minyak yang kudus sehingga hanya boleh digunakan untuk mengurapi dan menguduskan segala perkakas yang ada di Kemah Suci sebelum dipakai untuk maksud yang kudus. Selain itu juga untuk para imam sebelum mereka melayani (29). Dari nas ini kita ketahui bahwa minyak ini tidak boleh dibuat dan digunakan oleh kaum awam untuk maksud dan kepentingan pribadi. Ketiga, menyangkut ukupan. Ukupan itu harus dibuat secara khusus dari campuran berbagai wangi-wangian dan kemenyan yang tulen dan dibuat oleh seorang ahli yang mahir mencampur rempah-rempah. Ini adalah benda maha kudus (36) karena merupakan lambang doa umat Tuhan yang harus dinaikkan dengan penuh kesungguhan dan kemurnian kepada Allah. Oleh karena itu, ukupan ini tidak boleh dipergunakan untuk maksud pribadi (37), tetapi hanya ditujukan kepada Allah sebagai objek doa kita.

Di dalam Kristus, semua peraturan itu beserta konsekuensinya tidak berlaku lagi, karena Kristus telah menggenapinya. Namun, kita tetap dituntut untuk hidup kudus sebelum datang beribadah dan melayani di rumah Tuhan.
Bacaan: Keluaran 30:17-38
30:17 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa:
30:18 "Haruslah engkau membuat bejana dan juga alasnya dari tembaga, untuk pembasuhan, dan kautempatkanlah itu antara Kemah Pertemuan dan mezbah, dan kautaruhlah air ke dalamnya.
30:19 Maka Harun dan anak-anaknya haruslah membasuh tangan dan kaki mereka dengan air dari dalamnya.
30:20 Apabila mereka masuk ke dalam Kemah Pertemuan, haruslah mereka membasuh tangan dan kaki dengan air, supaya mereka jangan mati. Demikian juga apabila mereka datang ke mezbah itu untuk menyelenggarakan kebaktian dan untuk membakar korban api-apian bagi TUHAN,
30:21 haruslah mereka membasuh tangan dan kaki mereka, supaya mereka jangan mati. Itulah yang harus menjadi ketetapan bagi mereka untuk selama-lamanya, bagi dia dan bagi keturunannya turun-temurun."
30:22 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa:
30:23 "Ambillah rempah-rempah pilihan, mur tetesan lima ratus syikal, dan kayu manis yang harum setengah dari itu, yakni dua ratus lima puluh syikal, dan tebu yang baik dua ratus lima puluh syikal,
30:24 dan kayu teja lima ratus syikal, ditimbang menurut syikal kudus, dan minyak zaitun satu hin.
30:25 Haruslah kaubuat semuanya itu menjadi minyak urapan yang kudus, suatu campuran rempah-rempah yang dicampur dengan cermat seperti buatan seorang tukang campur rempah-rempah; itulah yang harus menjadi minyak urapan yang kudus.
30:26 Haruslah engkau mengurapi dengan itu Kemah Pertemuan dan tabut hukum,
30:27 meja dengan segala perkakasnya, kandil dengan perkakasnya, dan mezbah pembakaran ukupan;
30:28 mezbah korban bakaran dengan segala perkakasnya, bejana pembasuhan dengan alasnya.
30:29 Haruslah kaukuduskan semuanya, sehingga menjadi maha kudus; setiap orang yang kena kepadanya akan menjadi kudus.
30:30 Engkau harus juga mengurapi dan menguduskan Harun dan anak-anaknya supaya mereka memegang jabatan imam bagi-Ku.
30:31 Dan kepada orang Israel haruslah kaukatakan demikian: Inilah yang harus menjadi minyak urapan yang kudus bagi-Ku di antara kamu turun-temurun.
30:32 Kepada badan orang biasa janganlah minyak itu dicurahkan, dan janganlah kaubuat minyak yang semacam itu dengan memakai campuran itu juga: itulah minyak yang kudus, dan haruslah itu kudus bagimu.
30:33 Orang yang mencampur rempah-rempah menjadi minyak yang semacam itu atau yang membubuhnya pada badan orang awam, haruslah dilenyapkan dari antara bangsanya."
30:34 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Ambillah wangi-wangian, yakni getah damar, kulit lokan dan getah rasamala, wangi-wangian itu serta kemenyan yang tulen, masing-masing sama banyaknya.
30:35 Semuanya ini haruslah kaubuat menjadi ukupan, suatu campuran rempah-rempah, seperti buatan seorang tukang campur rempah-rempah, digarami, murni, kudus.
30:36 Sebagian dari ukupan itu haruslah kaugiling sampai halus, dan sedikit dari padanya kauletakkanlah di hadapan tabut hukum di dalam Kemah Pertemuan, di mana Aku akan bertemu dengan engkau; haruslah itu maha kudus bagimu.
30:37 Dan tentang ukupan yang harus kaubuat menurut campuran yang seperti itu juga janganlah kamu buat bagi kamu sendiri; itulah bagian untuk TUHAN, yang kudus bagimu.
30:38 Orang yang akan membuat minyak yang semacam itu dengan maksud untuk menghirup baunya, haruslah dilenyapkan dari antara bangsanya."
Official:  (http://jc-kok.blogspot.com)

Red heart Angel TUHAN YESUS MEMBERKATI Angel Red heart

Semoga melalui posting"Renungan Kristen Tidak boleh sembarangan" saudara bisa diberkati

Like, +1, dan Komentar akan membantu kami untuk memberikan yang terbaik untuk saudara.

Comments