Dipilih dan dipakai Tuhan (Hakim-hakim 3:12-31)

Dipilih dan dipakai Tuhan
Bacaan: Hakim-hakim 3:12-31
Renungan Kristen

Kemerosotan bangsa Israel dilukiskan dengan gambaran sebagai bangsa yang melakukan apa yang jahat di mata Tuhan (12). Murka Tuhan atas Israel nyata dengan bersekutunya musuh-musuh Israel, yaitu Moab, Amon, dan Amalek, yang diprakarsai oleh Eglon, raja Moab. Kemudian mereka berhasil menduduki kota pohon korma (13) atau yang dikenal juga dengan Yerikho (Ul. 34:3).

Tentu hal itu membuat bangsa Israel terpuruk dan juga spiritual. Kota Yerikho yang dulu pernah mereka taklukkan (Yos. 6), saat itu dikuasai oleh bangsa yang tidak mengenal Allah. Suatu kondisi yang kemudian mendorong mereka berseru kepada Allah (15). Kembali Allah mengutus orang pilihan-Nya, yaitu Ehud, yang disebutkan sebagai orang yang kidal. Dengan suatu strategi yang jitu, Ehud berhasil membunuh Eglon, raja Moab (16-22). Selanjutnya, dia mengajak orang Israel untuk mengalahkan Moab (28-29), hingga negeri itu aman selama delapan puluh tahun (30).

Setelah Ehud, bangkitlah Samgar dan mengalahkan Filistin hanya dengan mengandalkan tongkat penghalau lembu (31), yang jelas-jelas bukan merupakan perlengkapan yang istimewa, dan bukan juga dapat dijadikan sebuah senjata yang spektakuler. Namun senjata itu dipakai Tuhan dengan begitu luar biasa.

Alkitab tidak mengemukakan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Ehud dan Samgar. Mereka hanyalah orang-orang biasa yang dipakai Tuhan secara luar biasa, bagi kemuliaan-Nya. Namun yang bisa kita lihat dari kedua orang itu adalah kesediaan mereka dipakai Tuhan dengan apa yang ada pada mereka.

Tuhan memilih berbagai jenis orang dengan berbagai latar belakang dan keadaan, untuk melakukan karya-karya-Nya di dunia ini. Dan mereka yang dipakai adalah mereka yang berkomitmen untuk melangkah dengan iman dan dengan kekuatan yang berasal dari Roh Tuhan. Maka jika Anda merasa bahwa Tuhan menetapkan Anda untuk melakukan sesuatu bagi Dia, jangan tolak dan jangan tunda. Mintalah Roh-Nya memampukan Anda untuk melayani atau berkarya bagi kemuliaan nama-Nya.


Ayat Alkitab: Hakim-hakim 3:12-31
3:12 Tetapi orang Israel melakukan pula apa yang jahat di mata TUHAN; lalu Eglon, raja Moab, diberi TUHAN kuasa atas orang Israel, oleh sebab mereka telah melakukan apa yang jahat di mata TUHAN.
3:13 Raja ini mengajak bani Amon dan bani Amalek menjadi sekutunya. Lalu majulah ia dan memukul orang Israel kalah. Kota pohon korma diduduki mereka.
3:14 Delapan belas tahun lamanya orang Israel menjadi takluk kepada Eglon, raja Moab.
3:15 Lalu orang Israel berseru kepada TUHAN, maka TUHAN membangkitkan bagi mereka seorang penyelamat yakni Ehud, anak Gera, orang Benyamin, seorang yang kidal. Dengan perantaraannya orang Israel biasa mengirimkan upeti kepada Eglon, raja Moab.
3:16 Dan Ehud membuat pedang yang bermata dua, yang panjangnya hampir sehasta, disandangnyalah itu di bawah pakaiannya, pada pangkal paha kanannya.
3:17 Kemudian ia menyampaikan upeti kepada Eglon, raja Moab. Adapun Eglon itu seorang yang sangat gendut.
3:18 Setelah Ehud selesai menyampaikan upeti itu, disuruhnya pembawa-pembawa upeti itu pulang,
3:19 tetapi ia sendiri berhenti pada batu-batu berpahat yang di dekat Gilgal, dan kembali menghadap raja. Berkatalah ia: "Ada pesan rahasia yang kubawa untuk tuanku, ya raja." Kata Eglon: "Diamlah dahulu!" Maka semua orang yang berdiri di depannya itu pergi ke luar.
3:20 Lalu Ehud masuk mendapatkan dia, sedang ia duduk sendirian di kamar atas di rumah peranginannya. Berkatalah Ehud: "Ada firman Allah yang kubawa untuk tuanku." Lalu bangunlah ia berdiri dari tempat duduknya.
3:21 Kemudian Ehud mengulurkan tangan kirinya, dihunusnya pedang itu dari pangkal paha kanannya dan ditikamkannya ke perut raja,
3:22 sehingga hulunya beserta mata pedang itu masuk. Lemak menutupi mata pedang itu, sebab pedang itu tidak dicabutnya dari perut raja. Lalu keluarlah ia melalui pintu belakang.
3:23 Demikianlah Ehud sampai ke serambi; pintu kamar atas itu ditutup dan dikuncinya setelah ia keluar.
3:24 Baru saja ia keluar, datanglah hamba-hamba raja melihat, tetapi pintu kamar atas itu terkunci. Lalu berkatalah mereka: "Tentulah ia membuang air di kamar rumah peranginan itu."
3:25 Lalu mereka menunggu-nunggu sampai menjadi bingung, tetapi raja tidak membuka pintu kamar atas itu. Kemudian mereka mengambil kunci, membuka pintu, maka tampaklah tuan mereka mati tergeletak di lantai.
3:26 Sedang mereka berlambat-lambat, Ehud meloloskan diri; ia lewat dari batu-batu berpahat dan meloloskan diri ke arah Seira.
3:27 Setelah ia sampai ke sana, ditiupnyalah sangkakala di pegunungan Efraim, lalu turunlah orang Israel bersama-sama dengan dia dari pegunungan itu, dan ia sendiri di depan.
3:28 Berkatalah ia kepada mereka: "Ikutlah aku, sebab TUHAN telah menyerahkan musuhmu, orang-orang Moab itu, ke dalam tanganmu. " Maka turunlah mereka mengikuti dia, lalu mereka merebut tempat penyeberangan sungai Yordan ke Moab dan tidak seorangpun dibiarkan mereka menyeberang.
3:29 Pada waktu itu mereka menewaskan kira-kira sepuluh ribu orang dari Moab, semuanya orang yang tegap dan tangkas, seorangpun tidak ada yang lolos.
3:30 Demikianlah pada hari itu Moab ditundukkan oleh Israel, maka amanlah tanah itu, delapan puluh tahun lamanya.
3:31 Sesudah dia, bangkitlah Samgar bin Anat; ia menewaskan orang Filistin dengan tongkat penghalau lembu, enam ratus orang banyaknya. Demikianlah ia juga menyelamatkan orang Israel.