Memelihara hari raya (Keluaran 34 :18-35)

Bacaan: Keluaran 34:18-35
Memelihara hari raya
27XNWW2FE8QS
Mengapa ada pengulangan beberapa peraturan mengenai hari raya yang harus dipatuhi bangsa Israel? Peraturan-peraturan ini merupakan bagian dari peraturan ritual hukum Taurat. Peraturan ritual merupakan peraturan yang secara spesifik mengatur relasi umat kepada Tuhan.

Penyembahan lembu emas yang dilakukan Israel jelas merusak relasi dengan Allah. Maka dalam pemulihan relasi Israel kepada Allah, peraturan ritual harus ditegaskan ulang.Dengan demikian Israel sadar bahwa penting sekali menjaga dan memelihara relasi tersebut dengan menaati peraturan ritual yang ada dengan benar dan dengan hati yang tulus.

Sebagai contoh, peraturan Sabat yang mengatur bahwa pada hari yang ketujuh mereka harus berhenti bekerja (21), dituliskan dalam Keluaran 31:14-15 "...setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari Sabat, pastilah ia dihukum mati." Dalam Keluaran 23:12 dinyatakan bahwa hari tersebut adalah hari untuk beristirahat, tetapi Alkitab tidak pernah mengajarkan untuk menggunakan hari tersebut untuk kebebasan sendiri, demikian pula dengan hari raya yang lain. Hari ketujuh dan berbagai hari raya yang lain ditetapkan Tuhan agar bangsa Israel mengingat kasihTuhan di dalam kehidupan mereka, sehingga mereka senantiasa mengutamakan Tuhan dan tidak melupakan ibadah dalam kehidupan mereka. Itulah sebabnya Tuhan berkali-kali (baik dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru) menegaskan hal ini dalam kehidupan bangsa Israel.

Sebagai umat Allah masa kini, marilah kita menjadikan hari Minggu dan setiap hari raya merupakan hari untuk beribadah dan mengingat cinta kasih Tuhan serta mensyukurinya bersama sesama orang percaya di gereja. Berlibur atau bersantai di hari Minggu atau hari raya Kristen memang bukan sesuatu yang salah, tetapi hendaknya kita tidak melupakan Tuhan dan tidak melupakan untuk beribadah pada hari itu. Karena prinsip yang penting adalah, utamakanlah Tuhan di dalam setiap hari, utamakanlah Tuhan pada hari Sabat, utamakan Dia juga dalam setiap hari raya.



Ayat Alkitab: Keluaran 34:18-35


34:18 Hari raya Roti Tidak Beragi haruslah kaupelihara; tujuh hari lamanya engkau harus makan roti yang tidak beragi, seperti yang Kuperintahkan kepadamu, pada waktu yang ditetapkan dalam bulan Abib, sebab dalam bulan Abib itulah engkau keluar dari Mesir.
34:19 Segala apa yang lahir terdahulu dari kandungan, Akulah yang empunya, juga segala ternakmu yang jantan, anak yang lahir terdahulu dari lembu atau domba.
34:20 Tetapi anak yang lahir terdahulu dari keledai haruslah kautebus dengan seekor domba; jika tidak kautebus, haruslah kaupatahkan batang lehernya. Setiap yang sulung dari antara anak-anakmu haruslah kautebus, dan janganlah orang menghadap ke hadirat-Ku dengan tangan hampa.
34:21 Enam harilah lamanya engkau bekerja, tetapi pada hari yang ketujuh haruslah engkau berhenti, dan dalam musim membajak dan musim menuai haruslah engkau memelihara hari perhentian juga.
34:22 Hari raya Tujuh Minggu, yakni hari raya buah bungaran dari penuaian gandum, haruslah kaurayakan, juga hari raya pengumpulan hasil pada pergantian tahun.
34:23 Tiga kali setahun segala orangmu yang laki-laki harus menghadap ke hadirat Tuhanmu TUHAN, Allah Israel,
34:24 sebab Aku akan menghalau bangsa-bangsa dari depanmu dan meluaskan daerahmu; dan tiada seorangpun yang akan mengingini negerimu, apabila engkau pergi untuk menghadap ke hadirat TUHAN, Allahmu, tiga kali setahun.
34:25 Janganlah darah korban sembelihan yang kepada-Ku kaupersembahkan beserta sesuatu yang beragi, dan janganlah ada dari korban sembelihan pada hari raya Paskah bermalam sampai pagi.
34:26 Yang terbaik dari buah bungaran hasil tanahmu haruslah kaubawa ke dalam rumah TUHAN, Allahmu. Janganlah engkau masak anak kambing dalam susu induknya."
34:27 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Tuliskanlah segala firman ini, sebab berdasarkan firman ini telah Kuadakan perjanjian dengan engkau dan dengan Israel."
34:28 Dan Musa ada di sana bersama-sama dengan TUHAN empat puluh hari empat puluh malam lamanya, tidak makan roti dan tidak minum air, dan ia menuliskan pada loh itu segala perkataan perjanjian, yakni Kesepuluh Firman.
34:29 Ketika Musa turun dari gunung Sinai --kedua loh hukum Allah ada di tangan Musa ketika ia turun dari gunung itu--tidaklah ia tahu, bahwa kulit mukanya bercahaya oleh karena ia telah berbicara dengan TUHAN.
34:30 Ketika Harun dan segala orang Israel melihat Musa, tampak kulit mukanya bercahaya, maka takutlah mereka mendekati dia.
34:31 Tetapi Musa memanggil mereka, maka Harun dan segala pemimpin jemaah itu berbalik kepadanya dan Musa berbicara kepada mereka.
34:32 Sesudah itu mendekatlah segala orang Israel, lalu disampaikannyalah kepada mereka segala perintah yang diucapkan TUHAN kepadanya di atas gunung Sinai.
34:33 Setelah Musa selesai berbicara dengan mereka, diselubunginyalah mukanya.
34:34 Tetapi apabila Musa masuk menghadap TUHAN untuk berbicara dengan Dia, ditanggalkannyalah selubung itu sampai ia keluar; dan apabila ia keluar dikatakannyalah kepada orang Israel apa yang diperintahkan kepadanya.
34:35 Apabila orang Israel melihat muka Musa, bahwa kulit muka Musa bercahaya, maka Musa menyelubungi mukanya kembali sampai ia masuk menghadap untuk berbicara dengan TUHAN.