Panggilan Melayani - Renungan Keluaran 35:30-36:7


Bacaan: Keluaran 35:30-36:7

 

Panggilan melayani

Pelayanan sebagai hamba Tuhan sering dipahami sebagai satu-satunya pelayanan yang secara khusus dipanggil oleh Tuhan sendiri, seperti halnya nabi-nabi pada zaman Perjanjian Lama atau para rasul dalam Perjanjian Baru. Sedangkan pelayanan yang lain baik pengurus komisi, majelis, atau penatua dipahami sebagai pelayanan yang tidak mengikat dan merupakan hasil pemilihan jemaat dengan suara terbanyak. Benarkah pemikiran tersebut?

 

Bacaan Alkitab hari ini berbicara tentang Bezaleel yang dipenuhi Roh Allah dengan keahlian, pengertian, dan pengetahuan dalam segala pekerjaan serta Aholiab, seorang ahli membuat tenunan yang berwarna-warna dari kain ungu tua, ungu muda, kirmizi, dan dari lenan halus (Kel. 38:23). Keduanya dipilih secara khusus oleh Tuhan dan diberi kepandaian untuk mengajar dalam memimpin pembuatan Kemah Suci (30-34). Hal ini memiliki kesamaan dengan apa yang dilakukan Nehemia, yang menggerakkan pembangunan gerbang Yerusalem. Padahal ia bukan seorang nabi atau imam, melainkan juru minuman raja Artahsasta (Neh. 1:11)

 

Ini mengajarkan bahwa semua pelayanan merupakan ketetapan Tuhan. Kemampuan dan keahlian setiap orang ditanamkan oleh Tuhan. Jadi bukan hanya para nabi dan imam yang dipilih Tuhan, bahkan para tukang sekalipun, karena semua kemampuan itu diberikan oleh Roh yang sama (1Kor. 12:4-6). Memang benar bahwa Musa yang mendapatkan wahyu tentang pembuatan Kemah Suci tersebut dengan segala peraturan dan ukurannya, tetapi Bezaleel dan Aholiab beserta semua orang Israel yang memiliki keahlianlah yang mewujudkan secara nyata dengan membangunnya.

 

Jadi, baik hamba Tuhan maupun pengurus atau majelis yang dipilih melalui pemungutan suara jemaat sebenarnya sama-sama merupakan ketetapan Allah (Rm. 13:1). Seorang hamba Tuhan tidak mungkin mengerjakan panggilannya seorang diri. Maka Tuhan memanggil juga orang-orang awam untuk melayani sesuai panggilan dan talenta masing-masing. Dengan demikian, pekerjaan Tuhan jadi maksimal dan nama Tuhan dimuliakan!

 

 

Ayat Alkitab: Keluaran 35:30--36:7

 

35:30 Berkatalah Musa kepada orang Israel: "Lihatlah, TUHAN telah menunjuk Bezaleel bin Uri bin Hur, dari suku Yehuda,

35:31 dan telah memenuhinya dengan Roh Allah, dengan keahlian, pengertian dan pengetahuan, dalam segala macam pekerjaan,

35:32 yakni untuk membuat berbagai rancangan supaya dikerjakan dari emas, perak dan tembaga;

35:33 untuk mengasah batu permata supaya ditatah; untuk mengukir kayu dan untuk bekerja dalam segala macam pekerjaan yang dirancang itu.

35:34 Dan TUHAN menanam dalam hatinya, dan dalam hati Aholiab bin Ahisamakh dari suku Dan, kepandaian untuk mengajar.

35:35 Ia telah memenuhi mereka dengan keahlian, untuk membuat segala macam pekerjaan seorang tukang, pekerjaan seorang ahli, pekerjaan seorang yang membuat tenunan yang berwarna-warna dari kain ungu tua, kain ungu muda, kain kirmizi dan lenan halus, dan pekerjaan seorang tukang tenun, yakni sebagai pelaksana segala macam pekerjaan dan perancang segala sesuatu.

36:1 Demikianlah harus bekerja Bezaleel dan Aholiab, dan setiap orang yang ahli, yang telah dikaruniai TUHAN keahlian dan pengertian, sehingga ia tahu melakukan segala macam pekerjaan untuk mendirikan tempat kudus, tepat menurut yang diperintahkan TUHAN."

36:2 Lalu Musa memanggil Bezaleel dan Aholiab dan setiap orang yang ahli, yang dalam hatinya telah ditanam TUHAN keahlian, setiap orang yang tergerak hatinya untuk datang melakukan pekerjaan itu.

36:3 Mereka menerima dari pada Musa seluruh persembahan khusus, yang telah dibawa oleh orang Israel untuk melaksanakan pekerjaan mendirikan tempat kudus. Tetapi orang Israel itu masih terus membawa pemberian sukarela kepada Musa tiap-tiap pagi.

36:4 Dan segala orang ahli yang melakukan seluruh pekerjaan untuk tempat kudus itu, datanglah masing-masing dari pekerjaan yang dilakukannya,

36:5 dan berkata kepada Musa: "Rakyat membawa lebih banyak dari yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan yang diperintahkan TUHAN untuk dilakukan."

36:6 Lalu Musa memerintahkan, supaya dimaklumkan di mana-mana di perkemahan itu, demikian: "Tidak usah lagi ada orang laki-laki atau perempuan yang membuat sesuatu menjadi persembahan khusus bagi tempat kudus." Demikianlah rakyat itu dicegah membawa persembahan lagi.

36:7 Sebab bahan yang diperlukan mereka telah cukup untuk melakukan segala pekerjaan itu, bahkan berlebih.