Pengakuan Iman Orang Percaya


Baca: Ibrani 4:14-16

"Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita."  Ibrani 4:14













Dalam kitab Perjanjian Baru ada beberapa jenis pengakuan yang dibicarakan, di antaranya adalah:
  1.  Pengakuan mengenai orang-orang Yahudi.  Tuhan menuntut agar orang-orang pilihanNya mau mengakui dosa-dosa mereka dengan maksud agar mereka dipulihkan.  Tertulis:  "Maka datanglah kepadanya penduduk dari Yerusalem, dari seluruh Yudea dan dari seluruh daerah sekitar Yordan.  Lalu sambil mengaku dosanya mereka dibaptis oleh Yohanes di sungai Yordan."  (Matius 3:5-6)

     2.  Pengakuan orang berdosa.  Tuhan Yesus menyatakan bahwa orang berdosa dinyatakan bersalah oleh kuasa Roh Kudus hanya oleh satu dosa saja, yaitu  "...karena mereka tetap tidak percaya kepadaKu;"  (Yohanes 16:9).  Jika orang berdosa mengakui bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan, ia akan diselamatkan sebagaimana dikatakan dalam Alkitab,  "Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.  Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan."  (Roma 10:9-10).

     Kita harus mengerti bahwa kedua macam pengakuan yang dilakukan oleh orang percaya meliputi pengakuan akan dosa-dosanya dan juga pengakuan akan imannya.  Pengakuan dosa dilakukan bilamana ia kehilangan persekutuan dengan Tuhan, karena yang menjadi pemisah antara kita dengan Tuhan adalah segala dosa kita (baca Yesaya 59:2).  Namun, "Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan."  (1 Yohanes 1:9).

     Apa yang dimaksud dengan pengakuan iman akan firman Tuhan dalam Kristus dan dalam Allah Bapa kita?  Yakni yang menjadi pengakuan kita sebagai orang percaya, yaitu Yesus Kristus yang adalah Anak Allah.  Pribadi Yesus inilah yang harus kita saksikan kepada orang lain karena kesaksian merupakan bagian dari pengakuan. Namun nampaknya masih banyak orang Kristen yang malu bersaksi tentang Yesus kepada orang lain...

Alkitab menegaskan:  barangsiapa mengakui Yesus di hadapan manusia, Tuhan pun akan mengakuinya di depan Bapa (baca Matius 10:32).

Ibrani 4:14-16
4:14Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita.
4:15Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.
4:16Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.