TERLALU SIBUK: Tidak Ada Waktu Untuk Berdoa !


Baca:  Matius 9:35-38

"Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa;  Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan."  Matius 9:35








Saat berada di bumi Tuhan Yesus tidak pernah berhenti untuk bekerja.  Dia berkata,  "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Aku pun bekerja juga."  (Yohanes 5:17).  Alkitab pun menyatakan bahwa Yesus datang ke dunia bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani semua orang  (baca  Matius 20:28).  Ayat nas di atas menunjukkan betapa sibuknya Yesus melayani jiwa-jiwa;  Ia berjalan berkeliling ke semua kota dan desa sambil mengajar, memberitakan Injil serta menyembuhkan segala penyakit.  Demikian sibuknya sampai-sampai Yesus tidak mempunyai tempat untuk sekedar meletakkan kepalaNya  (baca  Matius 8:20).  Walaupun demikian Yesus tidak pernah mengabaikan jam-jam doa;  Ia selalu mempunyai waktu untuk berdoa.  Di waktu pagi sebelum fajar merekah Yesus bangun dan mengasingkan diriNya untuk berdoa  (baca  Markus 1:35), bahkan pada waktu malam Ia juga mencari tempat yang sunyi senyap untuk berdoa sepanjang malam  (Baca  Lukas 6:12). 

     Ada peribahasa yang mengatakan,  'Time is money'.  Banyak orang yang sangat memperhitungkan waktunya secara mendetil.  Waktu yang ada sebisa mungkin dipergunakan sebaik-baiknya.  Bagi mereka, membuang waktu sama artinya kehilangan keuntungan;  semua diukur dengan uang.  Dari sekian waktu yang digunakan untuk bekerja  (mencari uang), adakah yang mereka gunakan untuk berdoa dan mencari hadirat Tuhan?  Tak terkecuali orang Kristen dan mungkin para hamba Tuhan terlalu disibukkan dengan banyak pekerjaan dan juga jadwal pelayanan, sehingga malah tidak punya waktu untuk berdoa.  Kita bisa menyediakan waktu berjalan-jalan dengan keluarga, menyalurkan hobi memasak dan berkebun, berolahraga, nonton konser musik dan lain-lain, tetapi kita sulit menyediakan waktu untuk berdoa 1 jam sama.  Untuk perkara-perkara rohani kita tidak bisa mengatur dan membagi waktu!  Tapi untuk perkara-perkara duniawi  (daging), apa pun itu pasti kita sempat-sempatkan.  Sibuk!  Sibuk!  Itu yang kita katakan.  Kita tidak ada waktu untuk berdoa.  Iblis akan bersorak-sorai bila kita melalaikan doa.  Semakin kita meninggalkan doa semakin mudah Iblis menghancurkan hidup kita.

Jangan hanya berdoa saat dalam masalah saja, tapi berdoalah setiap waktu!

Matius 9:35-38
9:35Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.
9:36Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala.
9:37Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit.
9:38Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu."