Beritakan Kebangkitan YESUS KRISTUS



Baca:  Matius 28:1-10

"Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring."  Matius 28:6







      Siapa yang pertama kali mengabarkan tentang kebangkitan Yesus Kristus?  Apakah para murid-murid Yesus?  Bukan.  Alkitab menyatakan bahwa yang menjadi pembawa berita tentang kebangkitan Yesus adalah malaikat Tuhan sendiri, yang  "Wajahnya bagaikan kilat dan pakaiannya putih bagaikan salju."  (Matius 28:3).

     Mengapa demikian?  Karena kematian Yesus di Golgota telah menggoncang iman para muridNya sehingga mereka pun melepaskan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pembawa kabar baik  (Injil);  ada yang kembali ke profesi semula sebagai nelayan dan ada pula yang menyembunyikan diri.  Itulah sebabnya Tuhan mengutus malaikatNya memberitakan kabar sukacita ini.  Dan kalau malaikat yang menyampaikan sudah tentu beritanya adalah benar.  Jadi tidak ada alasan untuk ragu, apalagi tidak percaya.

     Kubur yang kosong adalah bukti nyata bahwa Yesus telah bangkit.  Kebangkitan Yesus dari kematian bukanlah rekayasa atau dongeng 1001 mimpi, melainkan sebuah kebenaran.  Ini adalah pengenapan dari apa yang dikatakan Yesus kepada murid-muridNya,  "Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia dan mereka akan membunuh Dia dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan."  (Matius 17:22-23).  Hal ini menunjukkan bahwa firman Tuhan adalah ya dan amin.  Tidak ada janji firmanNya yang tidak Dia tepati.  KebangkitanNya membuktikan bahwa Yesus bukan hanya sebagai Juruselamat, tetapi juga sebagai Tuhan yang hidup dan berkuasa!  Maut dan kematian tidak berkuasa lagi atas Dia.  Ini adalah berita sukacita besar bagi orang percaya!  Sebab apabila Yesus tidak bangkit dari kubur, maka sia-sialah iman kepercayaan kita dan sia-sialah pemberitaan Injil di muka bumi ini.  Rasul Paulus menegaskan,  "...jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu masih hidup dalam dosamu. Demikianlah binasa juga orang-orang yang mati dalam Kristus."  (1 Korintus 15:17-18).  Dan inilah pesan Tuhan kepada kita,  "Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku,"  (Matius 28:10).

Kebangkitan Yesus memberi pengharapan yang pasti dan kabar sukacita ini harus kita beritakan kepada dunia;  sudahkah kita melakukannya?