Pujian Melepaskan Belenggu



Baca:  Mazmur 30:1-13

"Aku akan memuji Engkau, ya Tuhan, sebab Engkau telah menarik aku ke atas, dan tidak memberi musuh-musuhku bersukacita atas aku."  Mazmur 30:2






        Banyak orang-orang di luar Tuhan berkata,  "Orang Kristen itu aneh.  Setiap ibadah di gereja selalu bernyanyi, ada yang sambil bertepuk tangan dan bergoyang-goyang.  Di persekutuan mereka juga selalu bernyanyi."  Memang, puji-pujian tidak dapat dipisahkan dari kehidupan orang Kristen.  Jika ada orang Kristen yang tidak suka memuji Tuhan atau hanya memuji Tuhan saat berada di gereja, berarti ia orang Kristen yang 'tidak normal'.  Normalnya, orang Kristen pasti suka memuji Tuhan di mana pun dan kapan pun.  Bahkan Daud memuji-muji Tuhan tujuh kali dalam sehari  (baca  Mazmur 119:164).  Jangan anggap remeh puji-pujian bagi Tuhan itu!  Ada kuasa yang dahsyat saat kita memuji Tuhan sebab Ia bersemayam di atas pujian yang dinaikkan oleh umatNya  (baca  Mazmur 22:4).

     Kapan waktu yang tepat memuji Tuhan?  Saat lagi happy, tidak ada masalah, sehat, menerima berkat?  Tidak.  Memuji Tuhan itu di segala keadaan dan setiap waktu, terutama waktu dalam kesesakan dan pergumulan berat.  Mengapa?  Karena dengan memuji-muji Tuhan iman kita kembali dibangkitkan;  segala kekuatiran dan ketakutan sirna oleh karena hati dan pikiran kita tertuju kepada Tuhan.  Dahsyatnya kuasa puji-pujian itu dirasakan oleh Paulus dan Silas.  Saat mereka dijebloskan dalam penjara karena memberitakan Injil,  "...kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka...terjadilah gempa bumi yang hebat, sehingga sendi-sendi penjara itu goyah; dan seketika itu juga terbukalah semua pintu dan terlepaslah belenggu mereka semua."  (Kisah 16:25-26).  Meski sedang terjepit dan dalam ujian yang berat Paulus tetap tegar dan masih bisa memuji-muji Tuhan.  Ketika mereka menaikkan pujian Tuhan hadir dan melawatnya.  Perkara besar pun terjadi:  Gempa bumi, sendi-sendi penjara goyah, pintu terbuka dan belenggu terlepaskan.

     Apa yang sedang membelenggu Saudara:  sakit-penyakit, kegagalan, kemiskinan?  Angkatlah suaramu dan pujilah Tuhan!  Ada kuasa yang memerdekakan kita saat kita memuji-muji Tuhan.

Memuji-muji Tuhan adalah kunci yang menggerakkan pintu sorga terbuka dan tanganNya terulur bagi kita!