Tanda-Tanda Akhir Zaman



Baca:  1 Tesalonika 5:1-11

"karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam."  1 Tesalonika 5:2







    Tidak seorang pun tahu secara pasti kapan hari Tuhan tiba.  Kita sering mendengar berita di sana sini mengatakan bahwa kedatangan Tuhan akan terjadi tahun sekian...!  Akibatnya banyak orang panik, sampai-sampai ada yang rela menjual harta bendanya, meninggalkan segala aktivitas jasmani dan kemudian berkumpul di suatu tempat untuk menanti-nantika hari akhir itu.  Ternyata hari 'H' yang dinantikan itu tidak terjadi, lalu tidak sedikit orang menjadi kecewa, apatis dan bertanya-tanya,  "Benarkah Tuhan segera datang?  Sejak dulu digembar-gemborkan oleh para hamba Tuhan, tapi sampai sekarang juga belum terjadi."


     Sebagai anak-anak Tuhan kita harus percaya bahwa pada saatnya Tuhan akan segera datang.  Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan diri dengan baik, selalu waspada dan berjaga-jaga.  Dikatakan, "Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat. Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri."  (2 Petrus 3:9-10a).

     Jika kita memperhatikan keadaan dunia saat ini, tanda-tanda kedatangan Tuhan kali yang ke-2 sudah amat sangat dekat.  Alkitab menyatakan tanda-tanda itu di antaranya adalah munculnya mesias-mesias palsu,  "...banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang."  (Matius 24:5).  Lalu akan ada deru perang dan kabar-kabar tentang perang terdengar di mana-mana:  bangsa melawan bangsa, kerajaan melawan kerajaan (baca  Matius 24:6-7a);  akan ada bencana kelaparan dan gempa bumi (baca  Matius 24:7b);  banyak anak Tuhan mengalami aniaya karena Kristus namun tidak sedikit pula orang Kristen yang meninggalkan Tuhan dan menjadi murtad (baca  Matius 24:9, 10);  kedurhakaan kian meningkat dan kasih menjadi dingin (baca Matius 24:12);  Kejahatan di dunia ini kian memuncak dan masih banyak lagi.  Bukankah hal ini sedang melanda dunia saat ini?

Kita tidak perlu takut, justru ini suatu peringatan bagi kita untuk lebih memperhatikan bagaimana kita hidup dan  "...pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat."  Efesus 5:16.