Mendoakan Calon pasangan hidup,haruskah????

JCKOK menyediakan bahan renungan alkitab, khotbah kristen dan lagu rohani kristen mp3 lengkap dengan Lirik lagu. Tujuan blog ini dibuat agar memperlengkapi teruna muda pemuda dan remaja kristen untuk menjadi semakin sempurna dalam Kristus Yesus dan bisa menjadi garam dan terang bagi dunia. Renungan Kristen dan Khotbah di update setiap hari, Lagu dapat didownload versi audio mp3 . "Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda." Mazmur 127:4
“Mendoakan calon pasangan hidup, haruskah?”

 Temand” Ini adalah pertanyaan yang sering kali membingungkan kita. Kenapa harus mendoakan calon pasangan hidup, toh Tuhan pasti beri yang terbaik untuk kita kan? Doa ini mau mendikte Tuhan atau apa? Kira-kira begitu kali pertanyaannya. 

    Sebetulnya kalau mendoakan calon pasangan hidup ini kita samakan dengan doa-doa lainnya, doa mengenai calon pasangan hidup seharusnya tidak menjadi perdebatan lo ! Doa itu kan ada macam-macam, misalnya doa ucapan syukur, doa permohonan, doa pengakuan dosa, dan doa-doa lainnya. Jadi mendoakan calon pasangan hidup seharusnya tidak lebih dari sekedar doa biasa. 

 Mungkin yang menyebabkan doa ini terbilang istimewa adalah karena mendoakan calon pasangan hidup seringkali dikaitkan dengan doa puasa. Anda tahu, doa puasa adalah doa paling manjur yang dapat dilakukan manusia (Matius 17:21). Nah, keistimewaan doa puasa inilah yang sering disalahartikan. Doa puasa dianggapsebagai sebuah mantra yang dijamin dapat mengabulkan semuanya (Yesaya 58:3). Padahal bukan itu sebenarnya tujuan dari doa puasa.

 Doa adalah cara untuk mengetahui apakah yang sebenarnya dikehendaki Tuhan atas diri kita, bukan untuk sekedar meminta sesuatu dari Tuhan. Karena doa itu ibaratkomunikasi antara bapa dengan anaknya. Seorang anak akan mengerti kehendak bapa setelah melakukan komunikasi yang benar-benar intim, demikian juga seorang manusia akan mengerti apa kehendak Tuhan pada dirinya setelah manusia berdoa padanya. Jadi, mendoakan calon pasangan hidup bukan untuk mendikte Tuhan, melainkan salah satu cara untuk membuka hati anda untuk mengetahui apakah dia memang pasangan hidup yang dari Tuhan.

 Puasa yang kita lakukan hendaknya bukan karena ada maunya, melainkan supaya kita lebih dibukakan lagi apa yang Tuhan ingini terjadi dalam diri kita, dan agar kita lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Puasa yang dikehendaki Tuhan telah disebutkan dalam Yesaya 58:6-7. Dari sana jelas disebutkan bahwa puasa yang kita lakukan tidak boleh membuat kita memegahkan diri, “Tuhan, saya sudah berpuasa nih, kabulkan ya Tuhan permohonanku ini.” Karena doa puasa sebenarnya bukan untuk mengubah kehendak Tuhan, melainkan untukmengubah cara pandang kita pada Tuhan. Memang setiap doa yang didoakan dengan penuh rasa percaya bakal dikabulkan, seperti disebutkan dalam Matius 21:22 “Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya,” akan tetapi dalam doaNya sendiri, Tuhan Yesus berdoa agar jangan kehendakNya yang jadi melainkan kehendak Bapa di surgalah yang terjadi (Lukas 22:42). Tuhan Yesus berdoa demikian karena Ia mengetahui bahwa rancangan BapaNya adalah rancangan yang paling baik (Yeremia 29:11).

 Masalahnya, apa kita mau melihat dari sudut pandang Bapa kita yang di surga? Kenapa harus melalui puasa? Sebenarnya tidak harus, hanya saja berpuasa berarti memusatkan diri pada Tuhan saja, dan mengalihkan diri dari hal-hal yang bersifat duniawi. Dengan mengurangi aktivitas duniawi (baca: puasa) diharapkan anda dapat lebih mengetahui hal-hal sorgawi. Jadi mendoakan pasangan hidup harus dengan doa puasa? Tentu tidak. Karena berpuasa dilakukan hanya jika anda memang merasa kurang mengetahui apa kehendak Tuhan mengenai pasangan anda, atau bisa dibilang, anda terlalu jauh dari Tuhan sehingga anda tidak mengetahui kehendakNya. Yang terakhir itu just kidding. :D wkwkwk :P

   Keep spirit ! Tuhan Yesus Memberkati !!

Komentar

  1. nice...
    arigatou utk renungannya... :D

    terus melayani Tuhan lewat bakat bakat dan talenta/

    Jesus bless

    BalasHapus
  2. Terima Kasih .. Tuhan Yesus Memberkati (o)

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan pesan, kritik ataupun saran agar blog ini bisa menjadi lebih baik lagi dan bisa memberkati lebih banyak orang.
**Salam Kasih untuk kamu. TUHAN YESUS MEMBERKATI

Bagikan kepada saudara-saudara kita yang lain dan mari kita sama-sama melayani.