Proses Diberkati

Baca:  1 Korintus 3:10-23

"Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah."  1 Korintus 3:14

Hal memberkati adalah perkara yang sangat mudah bagi Tuhan.  Namun untuk memperoleh berkat Tuhan secara penuh tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, karena Tuhan tidak asal-asalan mencurahkan berkatNya kepada siapa saja.  "Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu. Dialah yang akan menerima berkat dari TUHAN dan keadilan dari Allah yang menyelamatkan dia."  (Mazmur 24:4-5).

     Tuhan perlu menguji dan memproses kita apakah kita sudah layak dan siap untuk menerima berkat dan kelimpahanNya, sebab jika kita sendiri belum siap dan belum layak, berkat dan kelimpahan yang diberikan Tuhan kepada kita justru bisa jadi bumerang.  Fakta membuktikan bahwa ada banyak orang yang mengalami kejatuhan iman dan kemudian meninggalkan Tuhan justru dalam posisi berlimpah berkat.  Mereka menjadi sombong, mengandalkan kekuatan sendiri dan menyalahgunakan berkat yang diterimanya itu untuk memuaskan keinginan dagingnya dan membawanya semakin jauh meninggalkan Tuhan.  Abraham, sebelum mengalami penggenapan janji Tuhan dan diberkati secara luar biasa, harus mengalami ujian dan proses dari Tuhan:  keluar dari negeri nenek moyangnya dan harus bersabar menantikan janji Tuhan perihal keturunan selama 25 tahun.  Lalu diuji lagi ketika diperintahkan Tuhan untuk mempersembahkan Ishak.  Yusuf harus melewati masa-masa sulit dalam hidupnya selama 13 tahun:  dimasukkan sumur, dijual sebagai budak di mesir, dipenjara karena fitnah isteri Potifar,  "sampai saat firman-Nya sudah genap, dan janji TUHAN membenarkannya. Raja menyuruh melepaskannya, penguasa bangsa-bangsa membebaskannya. Dijadikannya dia tuan atas istananya, dan kuasa atas segala harta kepunyaannya,"  (Mazmur 105:19-21).

     Ada proses yang harus kita lewati sebelum janji berkatNya dinyatakan.  Proses itu bisa saja singkat, tapi ada pula yang memerlukan waktu yang lama.  Milikilah kerelaan untuk masuk dalam prosesNya, karena di balik itu ada rencanaNya yang indah.

Tetaplah setia dan jaga hati dalam proses, sebab  "Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya,"  Pengkotbah 3:11

Komentar