Allah yang memelihara umat-Nya (Keluaran 37:10-29)

Bacaan: Keluaran 37:10-29
Renungan Kristen
Allah yang memelihara umat-Nya
Jika dalam ruang maha kudus hanya terdapat satu benda yaitu tabut perjanjian, maka dalam ruang kudus terdapat tiga benda yaitu meja roti sajian, kandil, dan mezbah pembakaran ukupan. Benda-benda ini juga kudus, disalut emas murni dan diberikan bingkai emas sekelilingnya (11), atau bahkan dibuat dari emas murni (17). Apa yang dinyatakan oleh benda-benda ini?

Meja roti sajian adalah meja dengan roti sajian diatasnya. Kata roti sajian harfiahnya adalah the bread of the presence (roti kehadiran, Kel. 25:30). "Kehadiran" yang dimaksud adalah kehadiran Allah. Allah mengundang Israel untuk "bersantap bersama" dengan Dia dan menikmati kehadiran-Nya. Di Timur Tengah kuno bersantap bersama menunjukkan persekutuan. Namun karena kekudusan Allah, hanya para imam yang diperbolehkan untuk memakan makanan kudus itu (Im. 22:10-16). Roti meja sajian juga simbol pemeliharaan Allah terhadap umat. Ini dialami Israel saat Allah memberikan manna (Kel. 16:4). Simbol ini tergenapi dalam Kristus yang adalah "Roti Hidup" (Yoh. 6:35).

Kandil adalah simbol yang mengingatkan Israel bahwa Allah adalah Pemberi terang yang menuntun umat keluar dari perbudakan Mesir. Tiang awan (yang di dalamnya ada api yang terlihat pada waktu malam) menuntun mereka dari kejaran Mesir (Kel. 14:19-20; Bil. 9:15-23). Simbol ini tergenapi dalam Kristus yang adalah terang dunia (Yoh. 8:12).

Mezbah pembakaran ukupan diletakkan di depan tirai yang menuju ruang maha kudus, melambangkan asap dan wewangian korban persembahan yang naik ke surga. Asap dan wewangian ukupan yang masuk ke ruang maha kudus melambangkan korban persembahan yang diterima oleh Tuhan. Korban persembahan ini merupakan semacam doa yang tidak diucapkan untuk pengampunan, ucapan syukur, dll.

Benda-benda di gereja atau gambar kisah Alkitab di kaca patri sebenarnya dapat menolong kita untuk merenungkan karya Allah. Maka sebelum ibadah dimulai, gunakanlah semua itu untuk merenungkan karya Allah dalam hidup umat, juga hidup Anda.


Ayat Alkitab: Keluaran 37:10-29

37:10 Dibuatnyalah meja itu dari kayu penaga, dua hasta panjangnya, sehasta lebarnya dan satu setengah hasta tingginya.
37:11 Disalutnyalah itu dengan emas murni dan dibuatnya bingkai emas sekelilingnya.
37:12 Dibuatnyalah sekelilingnya jalur pinggir yang setapak tangan lebarnya dan dibuatnya bingkai emas sekeliling jalur pinggirnya itu.
37:13 Dituangnyalah untuk meja itu empat gelang emas dan dipasangnyalah gelang-gelang itu di keempat penjurunya, pada keempat kakinya.
37:14 Dekat ke jalur pinggirnyalah gelang itu, yakni tempat memasukkan kayu pengusung, supaya meja itu dapat diangkut.
37:15 Dibuatnyalah kayu pengusung itu dari kayu penaga dan disalutnya dengan emas, yaitu supaya meja itu dapat diangkut.
37:16 Dan dibuatnyalah perkakas yang di atas meja itu, yakni pinggannya, cawannya, piala dan kendinya, yang dipakai untuk persembahan curahan, semuanya dari emas murni.
37:17 Dibuatnyalah kandil itu dari emas murni; dari emas tempaan dibuatnya kandil itu, baik kakinya baik batangnya; kelopaknya--dengan tombolnya dan kembangnya--dibuat seiras dengan kandil itu.
37:18 Ada enam cabang timbul dari sisinya: tiga cabang kandil itu dari sisi yang satu dan tiga cabang dari sisi yang lain.
37:19 Tiga kelopak yang berupa bunga badam pada cabang yang satu--dengan tombol dan kembangnya--dan tiga kelopak yang serupa pada cabang yang lain--dengan tombol dan kembangnya--;demikian juga dibuat keenam cabang yang timbul dari kandil itu.
37:20 Pada kandil itu sendiri ada empat kelopak berupa bunga badam--dengan tombolnya dan kembangnya.
37:21 Juga ada satu tombol di bawah sepasang cabang yang pertama yang timbul dari kandil itu, dan satu tombol di bawah yang kedua, dan satu tombol di bawah yang ketiga; demikianlah juga dibuat keenam cabang yang timbul dari situ.
37:22 Tombol dan cabang itu timbul dari kandil itu, dan semuanya itu dibuat dari sepotong emas tempaan yang murni.
37:23 Dibuatnyalah pada kandil itu tujuh lampu dengan sepitnya dan penadahnya dari emas murni.
37:24 Dari satu talenta emas murni dibuatnyalah kandil itu dengan segala perkakasnya.
37:25 Dibuatnyalah mezbah pembakaran ukupan itu dari kayu penaga, sehasta panjangnya dan sehasta lebarnya, empat persegi, tetapi dua hasta tingginya; tanduk-tanduknya seiras dengan mezbah itu.
37:26 Disalutnyalah itu dengan emas murni, bidang atasnya dan bidang-bidang sisinya sekelilingnya, serta tanduk-tanduknya. Dibuatnyalah bingkai emas sekelilingnya.
37:27 Dibuatnyalah dua gelang emas untuk mezbah itu di bawah bingkainya, pada kedua rusuknya, pada kedua bidang sisinya, sebagai tempat memasukkan kayu pengusung, supaya dengan itu mezbah dapat diangkut.
37:28 Dan dibuatnyalah kayu pengusung itu dari kayu penaga dan disalutnya dengan emas.
37:29 Dan dibuatnyalah minyak urapan yang kudus itu dan ukupan murni dari wangi-wangian, seperti buatan seorang tukang campur rempah-rempah.