Renungan Kristen Menguduskan Hari Sabat


Keluaran 31:12-18
Judul: Menguduskan hari Sabat
Menguduskan hari Sabat bermula dari perintah Tuhan kepada umat Israel melalui Musa agar umat Israel memelihara dan menguduskan hari Sabat. Di tengah-tengah kesibukan mereka dalam bekerja, khususnya karena akan membuat Kemah Suci dan segala perkakasnya, mereka harus beristirahat pada hari Sabat. Barangsiapa melanggarnya akan dihukum mati (14, 15b).

Umat Israel harus menguduskan hari Sabat karena hari itu merupakan peringatan akan kebaikan Tuhan. Allah telah menjadikan Israel sebagai umat pilihan dan bangsa yang kudus agar dapat melayani Dia. Ia telah melepaskan mereka sebagai budak rodi di Mesir agar mereka dapat "beristirahat" dari kerja paksa mereka. Maka, bila tetap bekerja pada hari Sabat, berarti mereka meniadakan kebebasan mereka dan seolah-olah kembali memperbudak diri pada pekerjaan.

Tuhan juga berhenti dari karya penciptaan-Nya setelah mencipta alam semesta ini selama enam hari. Maka, Tuhan menuntut umat-Nya untuk beristirahat pada hari ketujuh agar mereka datang ke rumah Tuhan. Mereka bukan hanya akan mendapatkan waktu untuk beribadah, tetapi juga waktu untuk memulihkan kekuatan mereka setelah enam hari bekerja. Pada hari itu mereka akan bersekutu bersama dengan saudara sebangsa mereka dan mendengarkan sabda Tuhan yang menjadi pedoman bagi kehidupan mereka. Dengan menguduskan hari Sabat, berarti mereka telah menunjukkan rasa hormat kepada Tuhan yang telah menebus dan memelihara mereka. Perintah Tuhan kepada umat Israel mengenai hari Sabat diberikan demi kepentingan dan kebaikan mereka.

Bagi kita, umat Kristen pada masa kini, hari Minggu merupakan Sabat buat kita. Hari itu merupakan hari peringatan akan kebangkitan Tuhan kita, Yesus Kristus. Pada hari itu, kita menyatakan rasa syukur kita atas segala berkat dan pemeliharaan Tuhan, bersekutu dengan saudara seiman, memulihkan kekuatan fisik, mental, dan rohani kita, serta mendapatkan pedoman firman Tuhan untuk menjalankan hidup kita setiap hari.
Official:  (http://jc-kok.blogspot.com)
Keluaran 31:12-18
31:12 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa:
31:13 "Katakanlah kepada orang Israel, demikian: Akan tetapi hari-hari Sabat-Ku harus kamu pelihara, sebab itulah peringatan antara Aku dan kamu, turun-temurun, sehingga kamu mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan kamu.
31:14 Haruslah kamu pelihara hari Sabat, sebab itulah hari kudus bagimu; siapa yang melanggar kekudusan hari Sabat itu, pastilah ia dihukum mati, sebab setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari itu, orang itu harus dilenyapkan dari antara bangsanya.
31:15 Enam hari lamanya boleh dilakukan pekerjaan, tetapi pada hari yang ketujuh haruslah ada sabat, hari perhentian penuh, hari kudus bagi TUHAN: setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari Sabat, pastilah ia dihukum mati.
31:16 Maka haruslah orang Israel memelihara hari Sabat, dengan merayakan sabat, turun-temurun, menjadi perjanjian kekal.
31:17 Antara Aku dan orang Israel maka inilah suatu peringatan untuk selama-lamanya, sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, dan pada hari yang ketujuh Ia berhenti bekerja untuk beristirahat."
31:18 Dan TUHAN memberikan kepada Musa, setelah Ia selesai berbicara dengan dia di gunung Sinai, kedua loh hukum Allah, loh batu, yang ditulisi oleh jari Allah.
Page     : (www.facebook.com/jckok.renungan.khotbah.lagurohani)
Group  : (www.facebook.com/groups/jc.kok/)

Komentar